Jalan Yos Sudarso Dipastikan Maret Sudah Dapat Dilewati

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (DPTKPCKTR) Kota Surabaya memastikan pada bulan Maret mendatang untuk bagian atas basement akan bisa dibuka kembali untuk umum dan bisa dilalui dengan kendaraan.


"Akhir bulan ini akan bisa dilalui kendaraan cuma separuh kendaraan dan satu arah. Yang dari Gubernur Suryo ke Yos Sudarso masih ditutup. Tapi harapan kita gak terlalu jauh dari pembukaan separuh itu sudah kebuka semua. Mungkin pertengahan Maret sudah kebuka semua," kata Kabid Gedung dan Bangunan DKPCKTR Surabaya Iman Krestian dikutip Kantor Berita RMOLJatim usai sidak di proyek pembangunan Alun-Alun Suroboyo bersama Komisi C DPRD Surabaya, Rabu (19/2).

Iman juga menjelaskan jika proses pengaspalan basement di Jalan Yos Sudarso akan dimulai pada 24 Februari mendatang. Dan dibuka sebagian pada 28 Februari. Kemudian di bulan Maret akan dibuka total dan akan di uji coba terlebih dahulu. 

"Nanti ada loading test karena memang test kemampuan berat 90 ton," pungkas Iman.

Untuk diketahui, saat ini, luas proyek basmen alun-alun Suroboyo seluas 3 ribu meter persegi. Sedangkan luas total dengan parkiran seluas 5 ribu meter persegi. Rencananya basement Alun-Alun Suroboyo ini akan dilengkapi dengan AC, Tranfulator, lift dan tangga.