174 Napi Dipindahkan, Anggota DPRD Ini Bantu Fasilitas Rutan Wanita Porong

Sebanyak 174 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) sudah dipindahkan ke gedung baru Rutan Perempuan Surabaya (Ruperbaya) di Porong, Sidoarjo.


Gedung baru Ruperbaya terletak di sebelah selatan Lapas Kelas I Surabaya di wilayah Porong.

Proses pemindahannya berlangsung pada Jumat 21 Februari 2020. Menggunakan dua bus milik Rutan Medaeng dan Kejaksaan Negeri Surabaya, para WBP dikawal dengan petugas gabungan dari beberapa lapas/rutan dan aparat kepolisian.

Proses pemindahan ini adalah tindak lanjut dari beroperasinya gedung baru Ruperbaya. Sarana dan prasarana yang baru dinyatakan telah siap menerima warga binaan.

Mendengar ada Rutan yang khusus menampung tahanan wanita, anggota Komisi D DPRD Sidoarjo, Mimik Idayana terketuk hatinya untuk melihat kondisi para tahanan perempuan yang baru pindah tersebut dan sekaligus memberikan bantuan pada Senin (24/2).

"Saya terharu para tahanan wanita memiliki tempat khusus untuk memulihkan kondisinya dari jeratan hukum yang menimpanya. Semoga dengan tempat khusus ini mereka bisa lebih tenang dalam menghadapi perjuangan hidupnya. Kami berharap tidak ada penghuni baru lagi disini," ujar Mimik Idayana kepada Kantor Berita RMOLJatim.

Saat berdialog, para tahanan mengaku lebih tenang berada di tahanan yang khusus untuk perempuan.

"Namun karena rutan ini masih baru, banyak fasilitas yang belum tersedia," ujar Niken, Kepala Rutan Perempuan Surabaya.

Atas kekurangan fasilitas itu, Mimik Idayana langsung menyerahkan bantuan berupa sepatu olah raga untuk semua penghuni tahanan. meja pingpong, peralatan karaoke, raket badminton, dan peralatan untuk penyiraman taman serta alat memasak dan membuat kue.

“Kami merasa senang ada bantuan ini, karena ini akan bermanfaat bagi penghuni rutan," ujar Susi, salah satu penghuni rutan.