Musim Baru Liga 1 2020, Wapres Ma’ruf Amin: Kita Ciptakan Sepak Bola Yang Berakhlakul Karimah

Liga 1 2020 yang merupakan kompetisi sepak bola level tertinggi negeri ini resmi bergulir pada hari ini Sabtu, (29/2).


Kick-off resmi digelar di Stadion Utama Gelora Bung Tomo, Surabaya, mempertemukan Persebaya menjamu Persik Kediri.

Menyambut dimulainya Liga 1 2020, Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengucapkan selamat atas mulai berputarnya musim baru kompetisi tahun ini.

Wapres menyatakan, Liga 1 merupakan kompetisi sepakbola yang menyatukan elemen bangsa dari Aceh dan Papua.

“Saya berharap kompetisi berjalan sehat, kompetitif, menjunjung tinggi sportivitas dan fairplay. Tidak ada lagi pengaturan skor yang merusak moral sepakbola,” pesannya.

Ma’ruf Amin menegaskan, kompetisi harus melahirkan pesepakbola berkualitas dan berprestasi. “Yakinlah, kompetisi yang sehat akan melahirkan timnas yang kuat,” tambahnya.

Wapres pun menyampaikan pesan tersendiri untuk para suporter dari 18 klub yang berlaga di kompetisi Liga 1 2020.

“Dukunglah tim Anda dengan sportif, tidak anarkis yang berdampak buruk. Kita ciptakan sepak bola yang berakhlakul karimah,” katanya.

Ma’ruf Amin juga mengingatkan, Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 Tahun 2021.

“Untuk itu mari berbenah bersama agar sepak bola Indonesia kembali berpretasi di level internasional,” ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyatakan tekad PSSI dan PT Liga Indonesia Baru untuk menjalankan kompetisi sesuai arahan Presiden Jokowi, yakni kompetisi yang teratur dan tepat waktu, bebas dari mafia sepak bola, menjadi tontonan menarik bagi publik, serta menumbuhkan kepercayaan dunia internasional.

“Kami menyampaikan terima kasih atas perhatian besar pemerintah pada sepak bola nasional, satu-satunya cabang olahraga yang memiliki Instruksi Presiden khusus dari Presiden Jokowi, yakni Inpres Nomor 3/2019 tentang Percepatan Pembangunan Sepak Bola Nasional,” kata pria yang akrab disapa ‘Iwan Bule’ itu.