Siapkan Jaringan 5G, XL Axiata Genjot Fiberisasi

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) menggenjot proses fiberisasi yang merupakan salah satu langkah dalam mempersiapkan jaringan 5G.


“Kami terus berupaya untuk meningkatkan kualitas layanan, salah satunya melalui proses fiberisasi yang saat ini masih terus kami laksanakan di berbagai wilayah Sulawesi Utara, terutama Kota Manado sebagai kota terbesar yang juga menjadi pusat berbagai aktivitas di provinsi tersebut,” kata Group Head XL Axiata East Region, Bambang Parikesit, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Senin (2/3).

Dia menjelaskan, secara teknis, fiberisasi merupakan upaya modernisasi jaringan dengan cara menghubungkan Base Transceiver Station (BTS) melalui jalur fiber.  Termasuk dalam proses ini adalah melakukan regenerasi perangkat-perangkat BTS, seperti antara lain mengganti perangkat yang selama ini memakai microwave menjadi perangkat fiber.

Sementara itu, dalam keterangan tertulis, Head of Sales Sulawesi Utara dan Sulawesi Tengah, Andi Ikhsan mengatakan, fiberisasi yang terus berlangsung telah terbukti mampu meningkatkan kualitas layanan data 4G XL Axiata.

Melalui program “DigiRace” yang digelar serentak pada 29 Februari lalu di Pekanbaru, Bogor, Cimahi dan Pontianak, XL Axiata berharap bisa menunjukkan secara langsung kepada masyarakat peningkatan kualitas jaringan data hasil dari fiberisasi dengan lebih stabil.

Hingga saat ini, fiberisasi jaringan XL Axiata sudah terlaksana di semua ibukota provinsi di Sulawesi dan kota-kota besar, terutama di kota atau area yang memang secara pertumbuhan data sudah memerlukan jaringan fiber. Di seluruh wilayah Sulawesi, fiberisasi sudah menjangkau sekitar 40% BTS yang ada.

Secara nasional, hingga akhir tahun 2019, sekitar 50% BTS telah terhubung dengan jaringan fiber. Target hingga akhir 2020, fiberisasi akan terus ditingkatkan menjadi sekitar 70% BTS. Percepatan fiberisasi kini sedang dilakukan di wilayah luar Jawa mengingat pertumbuhan trafik data yang sangat pesat dalam setahun terakhir.