Kapal Pesiar akan Sandar di Tanjung Perak, Begini Langkah Risma Cegah Virus Corona

Kota Surabaya bakal kedatangan kapal Pesiar Viking Sun di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada 6 Maret mendatang.


Kapal Pesiar berbendera Norwegia itu mengangkut 1.600 turis mancanegara. Kebanyakan penumpang dari Australia dan London.

Untuk mengantisipasi penumpang yang terpapar maupun positif virus corona, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini sudah mengambil beberapa langkah.

"Kami sudah komunikasi dengan Kementerian Kesehatan maupun Dinas Kesehatan Provinsi. Jadi sebelum mereka mendarat maka akan ada pemeriksaan semuanya secara menyeluruh," ujar Risma dikutip Kantor Berita RMOLJatim di rumah dinas Jalan Sedap Malam, Senin (2/3).

Risma mengatakan pihaknya sudah menyiapkan peralatan-peralatan di pelabuhan. Hal ini untuk mengantisipasi jika ada penumpang yang terindikasi virus corona.

"Kalau misalkan ada indikasi, maka (penumpang) langsung turun. Tapi kalau nggak ada apa-apa ya ndak papa. Karena sebetulnya itu masa inkubasinya 14 hari kan kita thread, ini sudah di-thread oleh staf kita. Jadi ada kejadian apa misalkan di tempat ini. Seperti itu," jelasnya.

Pemkot Surabaya juga sudah membentuk satgas kesehatan sejak Risma mengeluarkan surat edaran ke warga. Tak hanya satgas, seluruh Rumah Sakit yang ada di Surabaya juga disiapkan menangani jika sewaktu-waktu dibutukan.

"Kami ada timnya, kami sudah punya ada lama semenjak saya buat edaran ke warga, kami udah bikin itu. Jadi nggak hanya RS milik pemerintah tapi seluruhnya yang ada di Surabaya," pungkasnya.