Jaga Populasi Laut, Bupati Lamongan Tebar 200 Ribu Benih Rajungan

Demi menjaga kelestarian populasi biota laut di wilayah perairan pantai utara Lamongan. Pemkab Lamongan melakukan restocking benih rajungan di Perairan Pantai Desa Kemantren, Kecamatan Paciran Lamongan,


"Kegiatan restocking ini yang pertama di Lamongan, dan ini ada sekitar 200 ribu benih rajungan yang kita tebar" kata Bupati Lamongan, Fadeli, Selasa (03/3).

Pelaksanaan kegiatan penebaran ratusan ribu benih rajungan tersebut, Pemkab Lamongan menggandeng Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara.

"Kami sangat mengapresiasi yang dilakukan BBPBAP Jepara yang hari ini bersama-sama melakukan restocking rajungan" tuturnya.

Menurut Fadeli, dengan upaya restocking rajungan ini juga dapat menambah dan menjaga kelestarian populasi rajungan. Sebab, selama ini hasil tangkapan rajungan oleh nelayan Lamongan dikenal cukup tinggi.

"Kami berharap kegiatan budidaya yang sudah sukses dilakukan BBPBAP Jepara, bisa diterapkan di Lamongan dengan memberikan pembelajaran dan pelatihan budidaya" ungkap Fadeli.

Berdasarkan data Dinas Perikanan Lamongan menunjukkan, produksi rajungan di Lamongan selama tahun 2019 mencapai 205, 2 ton, sebanyak 82.800 kilogram diantaranya dihasilkan oleh nelayan Kemantren.

Sementara perwakilan dari BBPBAP Jepara, Hasan Rosyadi berjanji akan membantu pembelajaran dan pelatihan budidaya untuk nelayan Lamongan.

Menurutnya, kawasan perairan pantai utara Lamongan memiliki potensi dan peluang besar untuk dikembangkan budidaya biota laut yang dapat bermanfaat dan menambah kesejahteraan masyarakat nelayan sekitar.

"Melihat perairan Kemantren sangat subur. Jadi, tidak hanya budidaya rajungan yang berpotensi dikembangkan, tapi kerang juga bisa" ungkapnya.