Sarmuji Terpilih Aklamasi Pimpin Golkar Jatim

Anggota DPR RI Komisi VIII, Sarmuji akhirnya secara aklamasi terpilih sebagai Ketua DPD Golkar Jatim periode 2020-2025. Terpilihnya Sarmuji ini dibacakan oleh Yahyah Zaini salah satu ketua DPP Partai Golkar yang menjadi pimpinan sidang pleno pemilihan Ketua DPD Golkar Jatim di arena Musda (Musyawarah Daerah) Partai Golkar Jatim ke X, yang berlangsung di Sidoarjo, (06/03).


“Bismillahirrahmanirrahim saya ketok, Pak Sarmuji sebagai Ketua Partai Golkar Jatim periode 2020-2025,” ujar Yahya Zaini yang disambut aplause peserta Musda yang berasal dari DPD II, 38 kota kabupaten di Jatim.

Bahkan setelah pengesahan, langsung di susul dengan pengucapan kesediaan Sarmuji sambil diserahkan Bendera Golkar ke Sarmuji yang diberikan Yahyah Zaini.

“Bismillahirrahmanirrahim saya menerima amanat sebagai Ketua DPD I Golkar Jatim. Saya berjanji akan saya kibarkan setinggi tingginya dan seluas luasnya panji panji Partai Golkar ke seluruh wilayah Jawa Timur,” ucap Sarmuji sambil menerima bendera Partai Golkar.

Terpilihnya Sarmuji yang masih tercatat sebagai salah satu Ketua DPP Partai Golkar ini telah diprediksi sejak awal pelaksanaan Musda berlangsung. Ini tampak pada pernyataan plt Ketua DPD Partai Golkar Jatim, Zainudin Amalli, dalam sambutan pembukaan pelaksanaan Musda Ke X Golkar Jatim, Jum’at (06/03).

ZA sapaan akrab Zainudin Amali mengatakan pihaknya memberi apresiasi atas ikhtiar keinginan mendukung aklamasi dalam pelaksanaan Musda Golkar kali ini.

“Saya gembira para pengurus DPD di tingkat kabupaten/kota berikhtiar mendukung aklamasi. Padahal, sebelumnya saya mendapat informasi bahwa ada banyak tokoh di Jatim yang mendapat dukungan sebagai calon Ketua DPD,” ujarnya.

Kata ZA, dirinya juga memberi apresiasi terhadap dua calon yakni Sekertaris Golkar Jatim saat ini yang juga Wakil Ketua DPRD Jatim Sahat Tua Simanjuntak dan anggota DPR RI Gatot Sudjito, yang akan maju awalnya, namun demi keutuhan dan kebesaran partai mau mundur dan memberikan suara pada Sarmuji.

“Kami hargai para kader yang telah mendapatkan dukungan. Di sini baik Pak Sahat, Pak Gatot Sudjito, hingga Sarmuji, banyak pendukungnya. Namun, kita berhasil menunjukkan bahwa kita tidak perlu ribut atau berantem. Pak Sahat dengan keikhlasannya dan Pak Gatot dengan kedewasaannya, akan memberikan dukungan kepada Mas Sarmuji,” kata ZA dari atas mimbar.

Menurut ZA yang juga menjabat Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Golkar ini, aklamasi untuk mendukung Sarmuji menjadi bukti kedewasaan demokrasi Partai Golkar di Jawa Timur.

“Jangan menganggap kalau aklamasi, tidak demokratis, itu adalah cara kita berdemokrasi,” katanya.

Ia menambahkan, diakhir sambutannya, ZA lantas mengajak Sahat, Gatot, maupun Sarmuji ke atas panggung. Bersama-sama mereka sepakat untuk menyukseskan gelaran Musda. Tak lupa ia juga memberikan sebuah pantun.

“Kapal pinisi berlayar ke merangin, Kalau jadi politisi, pintar-pintar membaca arah angin,” pungkas ZA disambut tepuk tangan peserta pertemuan.