Timnas Pelajar Kemenpora U15 Jalani Seleksi 126 Pemain Terbaiknya di Solo

Timnas pelajar Kemenpora memangil 126 pemain terbaiknya. Pemain yang dipanggil hasil dari liga sepakbola berjenjang Piala Menpora U14 tahun 2019 kemarin. Ini hasil pantauan tim talentscouting putaran seri daerah, kabupaten kota, provinsi dan nasional di Solo, Jawa Tengah.


Liga sepakbola berjenjang Piala Menpora tahun lalu diikuti sekitar 104.000 peserta di 34 provinsi di Indonesia.

Hasil pantauan tim talentscouting yang dipimpin oleh mantan pemain nasional, Rully Nerre, Ali Sunan, Yopi rewu, Warsidi, Yono rosadi, Elly idris dan Donny Lattuperisa, terdapat 126 pemain terpilih.

Seleksi tahap pertama Timnas Pelajar Kemenpora U15 dilaksanakan di Stadion kebanggan masyarakat Surakarta, Stadion Manahan Solo dan Stadion Sriwedari selama 5 hari. Ini terhitung sejak tanggal 8 sampai dengan 12 Maret 2020

Seleksi diawali dengan regristrasi pemain atau kedatangan, screening data pemain, tes kesehatan dan pembagian kartu peserta seleksi di hotel Krida Kusuma Manahan Solo.

Seleksi ini diikuti pemain muda berbakat di seluruh Indonesia. Tes pertama diawali dengan bleep test yaitu tentang kemampuan daya tahan pemain atau VO2MX.

Tes kedua dilakukan dengan tekhnik dan skill peserta seleksi. Sedangkan tes ketiga dan selanjutnya akan dipantau langsung oleh tim pelatih Timnas Pelajar Kemenpora U15, yaitu.

Gendut Dony Kristiawan (Head Coach), Ilham Rhomadona (Asst. Coach), Usman Halik (Asst. Coach), Rianto (Pelatih fisik) dan Donny Lattuperisa (Pelatih penjaga gawang).

Kemudian dari 126 peserta seleksi ini akan disusutkan menjadi 60 pemain terpilih yang lolos pada tahap kedua, yang akan dilaksanakan di Kota Maksar, Sulawesi Selatan.

Hal ini diperkuat dengan persiapan yang matang dan selektif. Dan seleksi tahap kedua ini langsung ditangani oleh sang manager Timnas Pelajar Kemenpora U15 yaitu, Khairil Amri Wawo.

“Saya ucapkan rasa terimakasih saya kepada Ketua Umum Badan Liga Sepakbola Pelajar Indonesia (BLiSPI Pusat) yang mempercayai saya untuk kedua kalinya. Saya diberikan kepercayaan membawa Timnas Pelajar Kemenpora. Pertama saya membawa Timnas Pelajar Kemenpora di posisi kedua pada kejuaraan pelajar Asean di Kuala Lumpur, Malaysia dan kemudian kedua ini saya kembali diberi amanah kembali pada Kejuaraan Internasional di Palermo, Italy,” terang Khairil pada Kantor Berita RMOLJatim, Minggu (8/3).

Puang sapaan akrabnya, berharap dapat kembali memberikan prestasi bagi Timnas Pelajar.

“Mohon doa dan dukungan seluruh masyarakat Indonesia, agar saya dan tim diberikan kemudahan dan hasil yang maksimal,” tutupnya.

Dukungan serta semangat juga diberikan oleh Walikota Solo, F.X.Hadi Rudyatmo serta jajaranya yang bisa membantu mensukseskan seleksi Timnas Pelajar Indonesia tahap pertama.

“Semoga ini bisa menjadi awal yang baik dalam menyiapkan tim sepakbola U15 Kemenpora tahap pertama,” kata Subagja Suihan, Ketua Umum BLiSPI Pusat.