Polisi Sikat Kawanan Pembobol Minimarket Antar Daerah

Petugas Satreskrim Polres Ngawi berhasil melumpuhkan dua dari tiga pelaku spesialis pembobol minimarket lintas daerah. Dua orang pelaku diantaranya berhasil ditembak pada kaki saat berusaha kabur sedangkan satunya lagi lolos dari sergapan petugas. 


Kedua pelaku disergap disuatu lokasi di Semarang, Jawa Tengah antara lain Muhamad Johari (37) warga Desa Selomerto, Kecamatan Ciawigebang, Kuningan, Jawa Barat dan Asep Lestari (30) Desa/Kecamatan Selomerto, Wonosobo, Jawa Tengah. Selain itu dialamat yang sama dengan Asep selaku penadah atas nama Diran Susanto (36) juga berhasil diringkus.

"Dari pengakuan para tersangka ada 11 TKP semuanya minimarket terutama menyasar Alfamart dibeberapa daerah. Dan ada satu TKP di wilayah Ngawi," terang Kapolres Ngawi AKBP Dicky Ario Yustisianto, Senin, (9/3).

Jelasnya saat operasi para tersangka mengendarai kendaraan Daihatsu Xenia warna hitam nopol AA 9463 TF dan langsung menyasar ke lokasi yang sudah ditentukan. Penentuan titik lokasi yang dijarah kata Dicky, para pelaku terlebih dahulu mempelajari melalui aplikasi. 

"Mempelajari dulu Alfamart mana yang buka 24 jam dan yang tidak. Selain itu lokasi mana yang jauh dari pemukiman warga," bebernya. 

Setelah itu tandasnya, para kawanan mulai beraksi dengan menaiki atap minimarket dan menjebol plafon. Setelah berhasil masuk, kawanan ini juga merusak CCTV sebelum menguras isi dari minimarket. Dari pengakuan sementara yang disikat kawanan berupa 71 rokok merek Sampoerna Mild dan 9 unit handphone berbagai merek serta barang lainya. 

"Kawanan ini memilih sasaran Alfamart karena tingkat keamananya lebih mudah dibobol daripada minimarket lainya," pungkas Dicky.