Kongres Partai Demokrat, Seluruh Peserta Dicek Suhu Tubuh

Pemeriksaan ketat dilakukan oleh petugas di kongres V Partai Demokrat berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Selatan, Minggu (15/3). Seluruh peserta kongres diperiksa suhu tubuh sebagai langkah antisipasi pencegahan Covid-19 atau virus Corona.


Dari pantauan, tampak peserta kongres V Partai Demokrat telah berkumpul di JCC , Jalan Gatot Subroto, Senayan, Jakarta. Mereka tampak serempak mengenakan seragam berwarna biru.

Dipintu masuk, para peserta diperiksa suhu tubuhnya dengan menggunakan alat thermal scanner. Peserta yang mempunyai suhu tubuh normal, akan diberi tanda berupa stiker pada id card masing-masing.

Sedangkan untuk peserta yang memiliki suhu tubuh di atas 37 derajat Celicus akan dipisahkan ke ruangan lain. Ada sekitar 6 orang yang diperiksa lantaran suhu tubuhnya mencapai 37,2 derajat celcius.

"Ada 6 orang kita observasi. Kalau ada yang mencurigakan akan dirujuk, kita punya rujukan 4 rumah sakit. Peserta ini memang tadi melakukan aktivitas olahraga," terang Tim Medis Protokol Corona dari DPD Partai Demokrat Jawa Timur, dokter Agung Mulyono di lokasi Kongres.

Agung yang juga Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur ini berharap, dengan dibentuknya protokol corona Kongres V Partai Demokrat berjalan lancar dan sukses. "Kalau toh ada yang sakit cepat tertangani. Sehingga proses Kongres ini berjalan lancar. Apalagi peserta yang punya suara," harapnya.

Selain thermal scanner, para pengunjung juga disediakan hand sanitizer. Sejumlah tim medis yang memperagakan cara membersihkan tangan menggunakan cairan ini.

Agung mengatakan pengecekan suhu tubuh merupakan upaya untuk mencegah penyebaran virus Corona. Selain itu, dia juga meminta agar para peserta mencuci tangan menggunakan hand sanitizer yang tersedia.

Untuk diketahui, tim medis menyiapkan 7 dokter dari DPP, 16 para medis dan 34 dokter dari seluruh DPD yang ikut memberikan bantuan tim medis.

Partai Demokrat sejak awal sangat mendukung usaha dan memberi masukan ke pemerintah agar fokus menangani pandemic corona. Sehingga sejak tiba di bandara kemudian dijemput hingga check in di Hotel Sultan.

"Maka semua prosedur protokol penanganan Covid-19 atas asistensi dari Kementerian Kesehatan RI dan Dinas Kesehatan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dilaksanakan," kata Juru Bicara Kongres V Demokrat Irwan.

Menurut Irwan, antusiasme seluruh kader Demokrat untuk bisa hadir dalam Kongres V Demokrat ini sangat tinggi. Namun, panitia memberikan pengertian kepada mereka bahwa ada situasi nasional yakni virus Corona yang tidak memungkinkan banyak orang untuk hadir.

"Mayoritas kader dari seluruh Indonesia ingin datang namun diberi pengertian bahwa situasi nasional tidak memungkinkan. Virus Corona merontokkan berbagai negara dan termasuk Indonesia tidak kebal dengan musibah global ini," terangnya.