Beredar Foto Bukti Warga Surabaya Periksa Covid-19 di RSUD dr Soetomo, Ini Penjelasannya

Sebuah foto pemeriksaan pasien yang diduga positif Covid-19 di RSUD dr Soetomo Surabaya viral di sosial media. Kekinian, pihak RSUD dr Soetomo Surabaya membenarkan adanya foto tersebut meski tak merinci banar atau tidaknya ada pasien yang positis Covid-19.


"Itu adalah orderan pemeriksaan. Bukan hasil pemeriksaan," kata Kepala Humas RSUD dr Soetomo, Pesta Parulian saat dikonfirmasi Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (17/3).

Saat ditanya apakah pasien tersebut masuk dalam daftar pengawasan, Pesta belum menjawabnya. Pesta justru mengungkapkan jika pihaknya masih menelusuri sumber utama viralnya foto tersebut.

"Mohon maaf, saya masih rapat, ini kita telusuri dulu fotonya dari mana," demikian Pesta.

Diketahui, Dalam foto yang beredar di grup WhatsApp tersebut terdapat coretan Covid-19 dan tertulis gagal nafas. Permintaan pemeriksaan itu diajukan oleh Warga Surabaya Barat berjenis kelamin laki-laki dengan usia 55 tahun pada Senin (16/3) Pukul 20.35 WIB.

Dalam foto tersebut juga tertulis pasien diperiksa di ruang isolasi khusus oleh dokter berinisial AP. Dan bukan peserta BPJS kesehatan melainkan pasien dengan cara bayar umum.