Pengadilan Tipikor Surabaya Belum Terapkan Sidang Online

Pengadilan Tipikor Surabaya belum menerapkan sidang online seperti yang akan diterapkan di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya dalam kasus pidana umum.


"Belum ada, ini kebijakan yang perlu disatukan persepsinya," kata Humas Pengadilan Tipikor Surabaya Lufsiana saat dikonfirmasi Kantor Berita RMOLJatim, Jum'at (27/3).

Sementara Juru Bicara KPK, Ali Fikri saat dikonfirmasi menjelaskan, persidangan online di perkara tindak pidana korupsi baru di uji coba di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat.

"Sementara di PN Jkt pusat dulu mas, masih uji coba alat karena perlakukan penanganan persidangan perkara Tipikor dan perkara menarik lainnya tentu ada perbedaan dg perkara pidum biasa. Berikutnya akan diuji coba ke seluruh PN Tipikor lainnya," jelasnya.

Terpisah, Kasi Pidsus Kejari Surabaya Heru Kamarullah mengaku masih melakukan kordinasi dengan pihak Pengadilan Tipikor Surabaya tentang wacana sidang online.

"Kami masih lakukan kordinasi dengan Ketua Pengadilan," ujarnya.

Menurutnya, Persidangan online ini memang perlu diterapkan disaat kondisi mewabahnya virus Covid-19 di Indonesia, khususnya di Surabaya.

"Ada bagusnya. Ini salah satu pencegahan terhadap penyebaran virus Corona yang saat ini sedang mewabah," tandasnya.

Sementara Kasi Pidsus Kejari Tanjung Perak, Dimaz Atmadi juga berkomentar yang sama dengan Heru Kamarullah. Kendati demikian, Ia mengatakan dalam persidangan online tersebut memerlukan persiapan yang cukup matang, termasuk kordinasi dengan pihak Cabang Rutan Kelas I Surabaya di Kejati Jatim.

"Soalnya tahanan kita kan di Kejati Jatim," pungkasnya.

Diketahui, Persidangan online ini akan diterapkan PN Surabaya pada Senin (30/3). Persidangan melalui teleconfrence tersebut dikhususkan untuk perkara tindak pidana umum (Pidum) sebagai antisipasi pencegahan penyebaran wabah virus Covid-19.

Dalam teknisnya, terdakwa tidak lagi dihadirkan ke Pengadilan melainkan akan menjalani persidangan di Rutan. Sedangkan yang hadir di pengadilan hanyalah jaksa, saksi, dan pengacara.