Di Jatim, Trafik Data Tertinggi Telkomsel Di Empat Kota

Diberlakukannya belajar dan bekerja di rumah yang diserukan pemerintah dalam upaya mengurangi penyebaran virus Corona (Covid-19), sejumlah operator mengalami lonjakan trafik, baik komunikasi maupun data. Di Jawa Timur (Jatim), trafik data tertinggi Telkomsel ada di empat kota.


“Sejak awal periode working from home yang dimulai 15 Maret lalu, di Jawa Timur, Telkomsel mengalami peningkatan penggunaan data sekitar 13 persen dengan intensitas penggunaan internet oleh setiap pelanggan selama sekitar 6-8 jam per hari. Peningkatan trafik penggunaan data paling banyak di perumahan, terutama perumahan dosen serta beberapa rumah sakit. Sementara itu, jika dikategorikan berdasar daerah, secara berurutan Mojokerto, Malang, Surabaya, dan Jombang mengalami peningkatan penggunaan data tertinggi di Jawa Timur,” kata General Manager Network Operation and Quality Management Region Jawa Timur Telkomsel, Permata Jaya Simarmata, melalui pesan singkat yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (3/4).

Sementara itu, untuk mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi, Telkomsel  telah melakukan upaya pengamanan akses jaringan dengan memaksimalkan fungsi seluruh spektrum besar. Yakni, frekuensi 900, 1800, 2100, dan 2300 Mhz.  

Telkomsel juga telah melakukan pengamanan jaringan di wilayah residensial dan titik posko penanggulangan COVID-19, seperti kantor pemerintahan terkait dan rumah sakit.