Bersama Baguna, DPC PDIP Ngawi Bantu APD Paramedis

Ketua DPC PDIP bersama Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) Ngawi, Dwi Rianto Jatmiko (Antok), menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) untuk paramedis di RSUD dr Soeroto, Senin (06/04/2020). Tercatat APD yang diserahkan ada 40 unit berstandar WHO.


Antok, sapaan akrab Ketua DPC PDIP yang juga Ketua DPRD Ngawi ini, mengatakan, bantuan tersebut sebagai bentuk dukungan untuk paramedis di Ngawi yang berada di garda depan menangani pasien suspect corona. Menurutnya meskipun 40 unit APD yang diserahkan setidaknya bisa membantu bagi paramedis saat bertugas.

"Jumlahnya tentu masih kurang, namun kita berharap agar Ngawi tetap zero positif dari sebaran virus corona. Dengan demikian setiap warga masyarakat harus mentaati himbauan pemerintah," ujarnya.  

Bantuan APD diterima Direktur RSUD dr Soeroto, Agus Priyambodo. Menurut Agus, pihaknya berhemat APD dengan hanya akan memakainya saat menghadapi pasien yang diperkirakan terjangkit atau PDP. Mengingat pemakaian APD sendiri sangat ditentukan saat perawatan.

"Prosedurnya sekali pakai saja dan satu pasien bisa membutuhkan 3-5 APD, bisa pula lebih dari itu, tergantung kebutuhan," kata Agus.

Sebelumnya, RSUD dr Soeroto sudah menerima 100 APD namun telah terpakai untuk penanganan pasien PDP, sekitar 85 buah. Apabila ditambah bantuan tersebut, rumah sakit kini memiliki 55 buah saja. Meski positif corona belum ada, namun Ngawi tetap harus waspada. 
Jumlah PDP di Ngawi sampai 6 April tercatat 7 orang dengan jumlah orang dengan resiko (ODR) mencapai 9 ribu orang dan didominasi pendatang.

Selain bantuan APD, DPC PDIP Ngawi juga akan membagikan ribuan masker untuk masyarakat dan 10 tong cuci tangan. Tong itu akan ditempatkan di area publik seperti pasar-pasar tradisional.