Pandemi Corona, Fraksi Golkar Probolinggo Sumbang APD ke RSUD Tongas

Darurat Corona, Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Probolinggo menyerahkan bantuan Alat Pelindung Diri (APD) untuk paramedis di RSUD Tongas. Tercatat APD yang diserahkan ada 50 unit berstandar WHO.


Ketua DPD Golkar Kabupaten Probolinggo Oka Mahendra Jati Kusumasa mengatakan, bantuan tersebut sebagai bentuk dukungan untuk paramedis di RSUD Tongas, yang berada di garda depan menangani pasien suspect corona.

Menurutnya meskipun 50 unit APD yang diserahkan setidaknya bisa membantu bagi paramedis saat bertugas dalam menangani pasien positif Corona.

“Jumlahnya tentu masih kurang, namun kita berharap agar Kabupaten Probolinggo tetap zero positif dari sebaran virus corona. Dengan demikian setiap warga masyarakat harus mentaati himbauan pemerintah,” ujarnya dikutip Kantor Berita RMOJatim, Selasa (7/4).

Bantuan APD tersebut, diterima langsung oleh Direktur RSUD dr Hariawan Dwi Tamtomo di dampingi sejumlah anggota fraksi Golkar Kabupaten Probolinggo dan Hasan Irsyad dari Fraksi Golkar Propinsi Jawa Timur.

"Kita memberikan APD ini juga di hadiri langsung oleh anggota Fraksi Golkar Propinsi Jawa Timur," katanya.

Menurutnya, dengan memberikan APD pada para medis tersebut, karena peduli pada para medis yang sudah di tugaskan untuk menangani pasien covid-19.

"Tentunya kita berharap, para medis ini tetap sehat. Karena para medis ini, merupakan garda terdepan untuk merawat para pasien," sebutnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Tongas dr Hariawan Dwi Tamtomo mengatakan, pihaknya berhemat APD dengan hanya akan memakainya saat menghadapi pasien yang diperkirakan terjangkit atau PDP. Mengingat pemakaian APD sendiri sangat ditentukan saat perawatan.

“Prosedurnya sekali pakai saja dan satu pasien bisa membutuhkan 3-5 APD, bisa pula lebih dari itu, tergantung kebutuhan,” tegasnya.

Usai melakukan penyerahan APD. Rombongan meninjau langsung keberadaan rumah sakit RSUD Tongas sebagai rumah sakit Rujukan covid-19 untuk Kabupaten Probolinggo.