Ayu Tingting Followers 39 Juta Bagikan Ilmu Masak Cuma-cuma, Jokowi Bisa Hemat Rp 20 Triliun

Program Kartu Prakerja terus dikritik karena hanya hambur-hamburkan uang di saat rakyat sedang membutuhkan makan akibat penerapan physical distancing. Selain itu, biaya pelatihan daring juga dikritik karena terbilang mahal.


Sejumlah aplikator ditunjuk untuk menyediakan pelatihan tersebut. Salah satunya adalah Ruang Guru milik Staf Khusus Milenial Presiden Joko Widodo, Adamas Belva Syah Devara.

Tidak tanggung-tanggung, anggaran untuk aplikator Ruang Guru Rp 1 juta per penerima program.

Biaya aplikator inilah yang disebut terlalu mahal. Sebab, banyak konten pelatihan kerja di YouTube yang bisa ditonton bahkan diunduh secara gratis oleh masyarakat Indonesia.

Pernyataan cukup menggelitik sempat disampaikan seorang warganet dengan akun @rizkidwika. Dia membandingkan program andalan Presiden Joko Widodo itu dengan apa yang dilakukan selebriti di dunia maya.

Menurutnya, pada gelombang pertama Kartu Prakerja tercatat sebanyak 5,9 juta user mendaftar. Dari jumlah itu, yang lolos tidak lebih dari 10 persen, yaitu hanya 200 ribu orang. Nantinya, sebanyak 5,6 juta orang akan menadapat bantuan ini.

Mereka akan mendapat insentif dan bantuan pelatihan dengan total Rp 3.550.000. Jika dirinci, insentif "gaji" yang diterima peserta Pra Kerja tersebut meliputi biaya bantuan pelatihan sebesar Rp 1.000.000, lalu insentif penuntasan pelatihan sebesar Rp 600.000 per bulan selama empat bulan, dan insentif survei kebekerjaan sebesar Rp 150.000.

Kembali ke kicauan akun @rizkidwika. Dia menyayangkan pelatihan kerja ini hanya dibatasi untuk bisa yang digital. Tidak ada pelatihan secara nyata dilakukan.

Jika seperti itu, ada baiknya pemerintah memakai jasa artis Ayu Tingting. Bukan tanpa alasan, Ayu Tingting memiliki pengikut lebih dari 39 juta di akun Instagram.

Dia juga sudah mulai menjamah untuk membuat channel di YouTube. Bahkan pemerintah bisa menghemat anggaran Rp 20 triliun yang digelontorkan untuk Kartu Prakerja, dengan cukup memberi imbauan menonton akun Ayu Tingting di Instagram dan YouTube.

Apalagi, anak Abdul Rozak itu juga sudah seri membuat tutorial memasak dan memamerkan hasil masakannya di akun tersebut selama physical distancing diterapkan.

“Ayu Tingting followers 39 juta, membagikan ilmu cara bikin donat, bakpau cucur, hingga kripik sambalado setiap hari secara cuma-cuma,” tutupnya.