KAI Daop 8 Batalkan Perjalanan 6 KA Jarak Jauh Dan Menengah

PT KAI Daop 8 Surabaya kembali membatalkan perjalanan 6 Kereta Api (KA) Jarak Jauh/Menengah yang masih tersisa, sehingga total ada 41 perjalanan KA Jarak jauh/menengah yang tidak beroperasional hingga tanggal 30 April 2020.


“Pembatalan perjalanan KA penumpang jarak menengah/jauh ini, untuk sementara ditetapkan hingga 30 April 2020, sambil dilakukan evaluasi mengikuti perkembangan,” kata Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Suprapto, melaui pesan singkat yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, Jumat (24/4).

Masih katanya, sesuai dengan PM 25 Tahun 2020, larangan sementara pengunaan sarana transportasi mulai berlaku pada tanggal 24 April 2020 sampai dengan tanggal 31 Mei  2020. “Dimana batas waktunya masih bisa diperpanjang kembali. Jika terdapat perpanjangan waktu pembatalan operasional perjalanan KA,  maka akan diinformasikan kembali secara resmi,” sambungnya.

Tujuan kota dari KA Jarak jauh/menengah dari wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya tersebut di antaranya KA yang menuju Jakarta, Bandung, Semarang, Jogyakarta, Solo, Cilacap, Cirebon, Purwokerto, Jember dan Banyuwangi.

Sementara untuk perjalanan KA Lokal di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya masih terdapat 25 perjalanan KA Lokal yang masih beroperasi, sementara 21 perjalanan KA Lokal lainnya telah dibatalkan.  KA Lokal yang dibatalkan tersebut diantaranya KA Komuter relasi Bangil – Surabaya Kota/pp, KA Komuter Sulam relasi Surabaya Turi – Lamongan/pp, dan KA Jenggala relasi Sidoarjo – Mojokerto/pp.

Sedangkan untuk KA lokal yang masih beroperasi diantaranya KA Penataran relasi Surabaya Kota – Malang – Blitar/pp, KA Dhoho relasi Surabaya Kota – Kertosono – Blitar/pp, KA Lokal Bojonegoro relasi Siodoarjo – Surabaya  Pasar Turi – Babat/pp, dan KA Lokal Kertosono relasi Surabaya  Kota – Kertosono/pp.

Sementara itu bagi calon penumpang KA Jarak Menengah/jauh yang sudah memiliki tiket, akan dikembalikan penuh atau 100% di luar bea pesan oleh KAI dengan dihubungi oleh Contact Center KAI 121. Selain itu, calon penumpang juga dapat membatalkan tiketnya sendiri melalui aplikasi KAI Access atau datang langsung ke loket stasiun yang sudah ditunjuk.