Setelah Lebaran, Pelindo III Terapkan Skenario New Normal

Setelah lebaran mendatang, Pelindo III siap menerapkan  skema kerja New Normal (Normal Baru),  sesuai dengan surat edaran Menteri BUMN Nomor 336/MBU/05/2020 tentang Antisipasi Skenario The New Normal Badan Usaha Milik Negara.


“Setelah Idulfitri nanti, kami akan menjalankan skenario new normal agar kegiatan logistik lebih bergairah dan pulih, sehingga diharapkan dapat  menggerakkan ekonomi nasional dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat,” kata Direktur Utama Pelindo III, Doso Agung, melalui keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (21/5).

Begitu pula, lanjutnya, untuk para karyawan dan operator–operator di Pelindo III. “Mereka diwajibkan untuk selalu mengikuti protokol kesehatan saat akan bekerja, memastikan kondisi badannya sehat di klinik yang tersedia di terminal untuk selanjutnya mengikuti protokol kesehatan,” jelasnya.

Untuk menghadapi skenario new normal dan meningkatkan kompetensi SDM di Pelindo III Group, perusahaan juga menggelar webinar (seminar online) dan rekrutmen, asesmen, serta fit and proper test juga dilakukan dengan konferensi video tanpa bertemu tatap muka langsung.

Selain itu, selama masa pandemi covid-19, Pelindo III secara rutin setiap hari melakukan pendataan kondisi kesehatan karyawannya bagi yang bekerja dari rumah atau yang bekerja dari kantor melalui aplikasi absensi karyawan secara daring yang sudah digunakan selama ini.

Untuk urusan surat menyurat administrasi perkantoran di internal juga menggunakan sistem digital sehingga memungkinkan karyawan dapat bekerja dari mana saja tanpa merisaukan dokumen fisik karena Pelindo III selama ini sudah menerapkan sistem paperless.

"Pelindo III mematuhi dan mendukung arahan Kementerian BUMN terkait antisipasi skenario new normal di lingkungan BUMN. Sebagai langkah awal, kami sudah membentuk task force untuk menyusun skenario new normal serta mengawasi pelaksanaannya di lapangan. Nantinya perusahaan juga akan melakukan evaluasi dan merekomendasikan langkah-langkah strategis kepada Manajemen, agar upaya pemulihan aktivitas ekonomi dapat berjalan lebih baik dan optimal #CovidSafeBUMN," demikian Doso.