Karyawan Jamkrindo Salurkan Bantuan Bagi Masyarakat Terdampak Covid-19

Direksi dan karyawan/ti PT. Jamkrindo serta anak usahanya, PT. Jamkrindo Syariah menginisiasi gerakan sosial berupa penyaluran bantuan kepada masyarakat dan rumah sakit/puskesmas/klinik sebagai wujud empati terhadap dampak Covid-19. Donasi tersebut berasal dari potongan gaji direksi, potongan THR karyawan dan uang apresiasi perusahaan untuk karyawan yang dilakukan secara sukarela. 


Direktur utama Jamkrindo Randi Anto mengatakan, gerakan Jamkrindo Peduli Dampak Covid-19 merupakan bentuk konkret responsif dan empati segenap insan Jamkrindo atas situasi pandemi yang terjadi. Ia mengucapkan rasa syukurnya karena karyawan PT Jamkrindo dan anak usaha berhasil mengumpulkan donasi Rp 2,9 Miliar.

”Saya bersyukur bahwa di tengah pandemi Covid-19, semua jajaran PT. Jamkrindo dan anak usaha tetap bisa menyisihkan sebagian dari yang seharusnya mereka terima untuk didonasikan kepada masyarakat. Kami ingin bersama-sama membantu masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 dan rumah sakit/klinik yang menjadi garda terdepan penanganan pandemi Covid-19,” ujar Randi dalam siaran pers, Selasa 19 Mei 2020
Bantuan akan diberikan dalam bentuk bahan makanan sebanyak 6.600 paket, bantuan

kesehatan (alat pelindung diri lengkap, ventilator, masker medis/nonmedis, handsanitizer), dan bantuan pendidikan. Bantuan kesehatan akan disalurkan ke sejumlah lembaga kesehatan untuk mendukung penanganan bagi masyarakat. Adapun beasiswa pendidikan diarahkan untuk anak-anak tenaga kesehatan dan masyarakat yang kehilangan pekerjaan akibat pemutusan hubungan kerja agar tetap bisa melanjutkan pendidikan anak-anaknya.

Program ini juga sejalan dengan program dalam rangka HUT Jamkrindo, yakni Jamkrindo Peduli Kesehatan. Selain bantuan dari donasi insan Jamkrindo, Randi mengatakan bahwa PT. Jamkrindo juga telah menyalurkan bantuan bina lingkungan secara berkelanjutan di beberapa titik di seluruh Indonesia.

Bantuan yang telah didistribusikan baik secara langsung oleh PT. Jamkrindo maupun melalui satgas Bencana BUMN di berbagai provinsi dan kabupaten telah mencapai Rp 1,757 miliar.

”Kami akan terus mendistribusikan secara berkelanjutan dalam semangat gotong royong Indonesia bangkit berupa alat kesehatan, alat pelindung diri lengkap, masker medis dan nonmedis ke rumah sakit serta puskesmas dan juga memberikan bantuan sembako,” ujar Randi. 

Adapun secara khusus bantuan yang diserahkan untuk wilayah Jawa Timur sendiri, yaitu berupa sembako dan santunan untuk anak yatim piatu. Pemimpin Wilayah PT. Jamkrindo Kantor Wilayah VI Surabaya, Loesdarwanto, mengkoordinir team-nya untuk menyalurkan bantuan tersebut melalui Unit Kerja yang berada di wilayah Jawa Timur, yaitu Kantor Cabang Surabaya, Kantor Cabang Malang, Kantor Cabang Kediri, Kantor Cabang Madiun dan Kantor Cabang Banyuwangi, serta Kantor Unit Pelayanan Surabaya Kota, Kantor Unit Pelayanan Pamekasan, Kantor Unit Pelayanan Bojonegoro dan Kantor Unit Pelayanan Jember.

Untuk PT. Jamkrindo Kantor Cabang Madiun sendiri telah menyerahkan bantuan Alat Kesehatan yang berupa masker kain kepada posko satgas BUMN Jawa Timur Kota dan Kabupaten Madiun, sembako kepada masyarakat sekitar serta santunan anak yatim kepada Yayasan Al-Kahfi. Penyerahan sembako dan santuan diserahkan langsung oleh Putu Panca Nitiari selaku Pimpinan PT. Jamkrindo Kantor Cabang Madiun.