Xi Jinping Siapkan Pertahanan Nasional Untuk Skenario Terburuk

Dalam pidatonya Presiden Xi Jinping sekaligus Ketua Komisi Militer Pusat menegaskan China harus memperkuat pertahanan nasional dan angkatan bersenjata China untuk mencapai target dan misi tahun 2020. Namun juga harus bisa mengontrol wabah virus corona baru secara teratur.


Hal ini disampaikan Xi Jinping ketika menghadiri pertemuan pleno untuk delegasi Tentara Pembebasan Rakyat dan Angkatan Bersenjata Kepolisian Rakyat dalam sesi ketiga pertemuan Kongres Rakyat Nasional.

Dilansir Xinhua, dalam pertemuan tersebut, Xi memperhatikan dengan seksama pidato yang disampaikan oleh para wakil militer terkait tugas penanganan epidemi, memperkuat pelatihan di tengah-tengah epidemi, hingga mempercepat pembangunan kapasitas pertahanan biosekuriti. Xi kemudian memuji peran mereka dalam memerangi Covid-19.

Ia mengatakan, angkatan bersenjata rakyat sekali lagi membuktikan diri sebagai kekuatan heroik yang dapat sepenuhnya dipercaya oleh partai dan rakyat.

Xi menjelaskan, epidemi Covid-19 telah membawa dampak besar pada lanskap keamanan dan pembangunan global, serta China itu sendiri.

Untuk itu, ia juga memerintahkan militer untuk memikirkan skenario terburuk, meningkatkan pelatihan dan kesiapsiagaan pertempuran, segera dan secara efektif menangani segala macam situasi kompleks, dan dengan tegas menjaga kedaulatan nasional, keamanan, serta kepentingan pembangunan.

Menurut Xi, reformasi dan inovasi untuk mengatasi situasi dan masalah baru yang muncul dalam epidemi sangat diperlukan. Sehingga ia memerintahkan percepatan penelitian dan pengembangan obat-obatan dan vaksin Covid-19 dengan memanfaatkan keunggulan penelitian medis militer.

Mengingat tahun ini merupakan akhir dari rencana lima tahun ke-13 untuk pengembangan militer, Xi mengatakan tindakan luar biasa harus diambil untuk mengatasi dampak epidemi dan memastikan tugas-tugas utama pada bangunan militer tercapai.

Terkait perencanaan lima tahun ke depan, Xi mengatakan setiap sen harus digunakan dengan baik untuk menghasilkan hasil yang maksimal.