Gara-gara China, Trump Siap Akhiri Hubungan Dengan WHO

Presiden Amerika Serikat Donald Trump siap mengakhiri hubungan dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).


"Karena mereka (WHO) telah gagal untuk melakukan reformasi yang diminta dan sangat dibutuhkan, kita hari ini akan mengakhiri hubungan kita dengan Organisasi Kesehatan Dunia dan mengarahkan dana itu ke seluruh dunia lainnya dan layak, kebutuhan kesehatan masyarakat global yang mendesak," kata Trump dalam pengumumannya, Jumat (29/5).

Menurut Trump, saat ini dunia membutuhkan jawaban dari China tentang virus corona.

Sebelumnya dalam sambutannya, Trump mengatakan bahwa China belum melaporkan dengan benar informasi tentang virus corona kepada WHO. Sebaliknya, kata Trump, China justru menekan WHO untuk menyesatkan dunia dengan pandemi virus corona.

"Pejabat China mengabaikan kewajiban pelaporan mereka kepada Organisasi Kesehatan Dunia dan menekan Organisasi Kesehatan Dunia untuk menyesatkan dunia ketika virus pertama kali ditemukan oleh otoritas China," kata Trump.

"Tak terhitung nyawa telah diambil dan kesulitan ekonomi yang mendalam telah ditimbulkan di seluruh dunia," sambungnya seperti dimuat CNN.

Pada awal Mei ini, Trump juga pernah memutuskan untuk menghentikan sementara pendanaan bagi WHO. Dia bahkan menyurati WHO dan mengatakan bahwa Amerika Serikat akan secara permanen menarik dana jika WHO tidak berkomitmen untuk perbaikan substantif besar dalam 30 hari ke depan, terkait pandemi virus corona.