Heboh Sanitizer Ini Diklaim Bisa Cegah Coronavirus & Bakteri Selama 28 Hari

Baru-baru ini Indonesia dihebohkan dengan berita tentang Sanitizer yang diklaim satu kali semprot bisa bertahan hingga 28 hari. 


Sanitizer yang dimaksud adalah BerryC sanitizer produk dari TEVO Creations Sdn. Bhd. Malaysia. 

Selain direkomendasikan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), penelusuran menunjukkan bahwa produk ini diproduksi oleh TEVO Creations Sdn Bhd Malaysia dan sudah dijual bebas di berbagai apotik di Malaysia.

BerryC di-klaim mampu bertahan 28 hari di permukaan benda yang disemprot berdasarkan hasil uji lab Acumen Scientific. 

Menurut situs https://berryc.id, produk ini juga sudah mengantongi berbagai sertifikasi global seperti SGS (RoHS method testing), REACH, SIRIM dan IPB (Institut Pertanian Bogor). 
Hasil uji laboratorium, BerryC memang terbukti efektif membunuh 99.999% pathogen seperti E. Coli, S. Aureus, P. Aeruginosa dan E. Hirae dengan sekali semprot. 

Yang mengejutkan, selain hasil uji efektif terhadap bakteri, BerryC juga mengantongi sertifikat uji dari Viroxy Lab di Kuala Lumpur efektif 99.999% membunuh Human Coronavirus.
Manajer pemasaran BerryC Indonesia, Ali Gunawan mengatakan bahwa produk BerryC ini unik karena mampu menemukan keseimbangan yang pas antara mematikan bagi pathogen tapi aman bahkan untuk bayi sekali pun. 

"Dengan bahan aktif Quaternary Ammonium Compounds (QAC), produk ini membunuh virus dan bakteri tanpa campur tangan alkohol," jelas Ali Gunawan dalam keterangan resmi yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (2/6).

Ia menambahkan BerryC bekerja dengan mengikatkan lapisan anti microbial ke permukaan benda atau kulit manusia dan secara terus menerus melepaskan ion QAC yang merusak kulit pelindung virus dan bakteri. Tanpa kulit pelindung ini, maka virus dan bakteri akan mati seketika.

"Teknologi yang juga aman untuk pembersih bahan makanan ini sudah digunakan dan di-aplikasi-kan di Changi Airport Group di Singapore pada Maret 2020 silam dan di klaim efektif menurunkan penyebaran Covid-19 di fasilitas itu hingga 70%," katanya.

Saat ditanya apa rencana BerryC ke depannya, menurut Ali, saat ini produk yang dapat membunuh virus ini sudah beredar di pasaran.

“Memberi tahu sebanyak mungkin masyarakat Indonesia, tenaga medis dan pemerintah bahwa teknologi ini sudah hadir di Indonesia dan siap digunakan untuk membantu memasuki fase New Normal,” pungkasnya.