Pemerintah Diimbau Jangan Tutup-tutupi Informasi Pelantikan Pengawas Sekolah Jatim

Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam hal ini Dinas Pendidikan Jatim diminta untuk transparan menyampaikan kabar pelantikan pejabat dan aparatur sipil negara (ASN) yakni pengawas sekolah di lingkungan di saat pandemi Covid-19. Pasalnya informasi yang beredar, pasca pelantikan ada jumlah pejabat yang terpapar Covid-19 dan menjadi klaster baru.  


Hal ini disampaikan pengamat sosial politik Muhammad Trijanto pada Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (2/6).

“Kepada para pihak yang berwenang dalam hal ini Pemprov Jatim agar memberikan informasi secara legal dan harus segera mengklarifikasi setiap informasi yang beredar terkait pelantikan pengawas sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Jatim,” terang Trijanto.

Terkait dengan beredarnya pesan berantai bahwa ada pejabat daerah terpapar Covid-19 usai dilantik, Trijanto meminta Pemerintah harus segera menyingkapi gonjang ganjing tersebut.

“Pemerintah harus bijak dan obyektif dalam menyikapi gonjang ganjing kabar berantai tersebut. Pemerintah juga harus terbuka dan transparan dalam menyampaikan data terkait perkembangan Covid-19. Kita negara demokrasi. Jadi harus transparan, dan jangan ada yang ditutup-tutupi,” tukasnya.

Sementara itu, Trijanto juga menghimbau pada masyarakat agar tidak panik dengan beredarnya informasi yang menyebutkan ada klaster baru dari pelantikan pengawas sekolah di lingkungan Pemprov Jatim.

“Masyarakat jangan panik. Kita imbau masyarakat agar menyaring dulu setiap informasi perkembangan tentang Covid-19,” tandasnya.  

Sekedar diketahui pada 18 Mei 2020 Badan Kepegawaian Daerah melalui surat nomor 821.2/4392.1/204.4/2020, sifat rahasia, perihal undangan yang ditujukan kepada Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.

Isi surat tersebut, sehubungan telah ditetapkannya keputusan Gubernur Jawa Timur tentang pengangkatan dalam jabatan fungsional pengawas sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, pada hari Rabu, 20 Mei 2020, pukul 13.00 WIB bertempat di Gedung Graha Abdi Praja BKD Provinsi Jawa Timur, Jalan Jemur Andayani No 1, Surabaya dilakukan pelantikan para pejabat fungsional tersebut dan yang akan dilantik oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur.