Hadapi New Normal Diperlukan Imunitas Tubuh Yang Kuat

Hingga saat ini wabah Covid-19 masih belum bisa ditekan. Untuk menghadapi new normal diperlukan imunitas tubuh yang kuat.


“Menurut Direktur Badan Kesehatan Dunia (WHO), Covid-19 mungkin tidak akan pernah hilang dari muka bumi dan penduduk di seluruh dunia harus belajar untuk hidup damai dengannya. Cara jitu untuk hidup berdamai dengan virus termasuk Covid-19 dan semua patogen adalah dengan membangun pertahanan dari dalam tubuh yaitu sistem imun,” kata Presdir PT Agro Mitra Alimentare (AMA), Apt. Ge Recta Geson, S.Si, dalam keterangan tertulis yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (3/6).

Dijelaskannya, mikrobiota yang ada dalam saluran cerna (gut) akan menstimulasi sel limfatik pada usus untuk memproduksi 70-80% imun yang beredar dalam tubuh. Mikrobiota memodulasi dan mengedukasi imun yang diproduksi dalam saluran cerna (gut).

“Pada gilirannya imun yang optimum ini akan mengendalikan mikrobiota dalam seluruh organ tubuh. Sehingga kita bisa terhindar dari segala macam penyakit,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Guru Besar FK-Unair, Prof. Subijanto Marto Sudarmo, mengatakan, merawat mikroba baik jauh lebih bermanfaat dibandingkan dengan menghancurkan mikroba jahat. "Merawat mikroba baik lebih penting daripada menghancurkan mikroba jahat. kita tidak bisa hidup tanpa mikroba, karena jika kita membersihkan mikroba maka kita akan lemah dan tidak bisa hidup menjadi manusia," ungkap pakar probiotik ini.

Dia juga mengatakan bahwa ada sekitar 1100 miliar mikroba yang hidup di usus manusia, hal ini menjadikan usus merupakan organ penting dalam sistem kesehatan manusia. "Jika kita bisa mempertahankan 80 persen mikroba baik di usus kita dan membiarkan 20 persen mikroba jahat, maka kita akan sehat dan terhindar dari banyak penyakit, jadi sangat penting kita makan makanan atau minuman berfermentasi agar asupan probiotik kita tetap terjaga," tambah dia.

Recta menjelaskan, PRO EM01 yang diproduksi PT AMA merupakan imunomodulator pembangun imunitas tubuh yang memiliki kandungan probiotik multi strain, hidup, aktif, menguntungkan dan selaras dengan alam, untuk membentuk mikrobiota yang sehat dalam saluran cerna (gut).

“Sekitar 80 persen imun ini akan menyebar ke seluruh tubuh. Nah, imun ini akan mengendalikan semua mikrobiota dalam organ lain dalam tubuh. Jadi kalau mikroba itu tidak ada yang dominan, semua dalam jumlah yang seimbang maka pasti tidak akan timbul penyakit,” tuturnya.

PRO EM01 adalah Suplemen (Konsentrat minuman sehat probiotik) yang berisi probiotik multi-strain, menguntungkan, hidup, aktif dan selaras dengan alam. 

”Probiotik yang beragam sudah membentuk food cycle atau ekosistem kecil di dalam produk, sehingga mempunyai masa simpan yang panjang. Selanjutnya probiotik dalam PRO EM-l akan membentuk relasi simbiosis dengan mikroba alami termasuk virus yang ada dalam saluran cerna membentuk ekosistem yang lebih besar yaitu mikrobiota. Bisa dikatakan PRO EM-l adalah imunomodulator," demikian Recta.