Jelang Sidang Kasus Suap, Bupati Sidoarjo Nonaktif Saiful Ilah: Sidang Mencari Kebenaran

Jelang sidang perdana kasus suap, Bupati Sidoarjo nonaktif, Saiful Illah mengaku sehat. Pada wartawan, pria yang akrab disapa Abah Ipul ini mengaku siap menjalani persidangan.


"Sehat, penuhi undangan saja, siap untuk disidang, mencari kebenaran,"kata Saiful Ilah saat dikonfirmasi Kantor Berita RMOLJatim ketika turun dari mobil tahanan Polda Jatim di Pengadilan Tipikor Surabaya, Rabu (3/6).

Terpisah, Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Arief Suhermanto mengatakan, selain Saiful Illah, pihaknya juga menyidangkan tiga terdakwa lainnya. Diantaranya, Kabid Bina Marga di Dinas PUBM SDA yang juga Ppkom Judi Tetrahastoto Kabag ULP Sanadjihitu Sangadji dan Kepala Dinas PU BM Sidoarjo, Sunarti Setyaningsih.

"Hari ini agenda pembacaan surat dakwaan," terangnya.

Dalam kasus ini, ke empat terdakwa akan disidangkan secara terpisah dan dilakukan dengan cara konvensional.

Diketahui, keempat terdakwa diadili atas kasus suap dari dua pengusaha kontraktor, Ibnu Gofur dan Totok Sumedi yang sebelumnya telah divonis hukuman 20 bulan Penjara.

Keduanya dinyatakan terbukti memberikan suap untuk mendapatkan sejumlah proyek di Pemkab Sidoarjo. suap tersebut diberikan secara bertahap hingga Rp 1,675 miliar sejak bulan Agustus 2019 hingga terungkap dalam operasi  tangkap tangan yang dilakukan petugas KPK pada 7 Januari 2020 di Pendopo Sidoarjo.