Kirim Surat ke Mendikbud, Siswa SD Asal Pamekasan Dapat Apresiasi Dari XL Axiata

Alfiatus Sholehah. Dia adalah pelajar Kelas 5 SDN Pademawu Barat I, Pamekasan. Dirinya sempat viral di media sosial dan media massa karena keberaniannya menulis surat kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).


Surat yang dia kirimkan dalam rangka mengikuti lomba menulis surat untuk Mendikbud itu antara lain berisi keinginannya mendapatkan bantuan paket internet untuk bisa mengikuti pelajaran sekolahnya yang disampaikan secara daring sejak adanya wabah Covid-19.

“Kami sangat mengapresiasi keberanian ananda Alfiatus dalam menyatakan problem dan segala keterbatasan yang dia hadapi agar tetap bisa belajar dan bersekolah kepada Mendikbud. Untuk anak seusia dia, kami memandang apa yang dia lakukan itu luar biasa,” kata Group Head East Region XL Axiata, Bambang Parikesit, melalui pesan singkat yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (3/6).

Dia, sambungnya, punya semangat belajar yang tinggi, selain juga kepekaan yang besar atas kondisi ekonomi orang tuanya.

“Kami memutuskan memberikan kemudahan baginya dalam mengakses internet. Tidak hanya untuk saat ini, namun paket data gratis sampai nanti dia lulus SMA,” jelasnya.

Bambang menambahkan, XL Axiata juga memberikan donasi akses internet gratis bagi SD Negeri Pademawu Barat I, sekolah tempat belajar Alfiatus. Donasi berupa seperangkat router dan kuota data 20GB per  bulan selama 1 tahun.

Di seluruh Pulau Madura, jaringan data 4G milik XL Axiata telah merata di semua kabupaten yang ada. Jumlah pelanggan ada lebih dari 1,6 Juta. Layanan di Pulau Garam ini ditopang oleh total tidak kurang dari 550 unit BTS, sebanyak 99% di antaranya merupakan BTS 4G.