Anggota DPR Rahmat Muhajirin Dukung Lomba Kampung Tangguh Cegah COVID-19

H. Rahmat Muhajirin anggota komisi III DPR RI asal Candi Sidoarjo, mendukung penuh lomba kampung tangguh yang di inisiasi Plt Bupati Sidoarjo H.Nur Ahmad Syaifuddin SH.
Rahmat Muhajirin menilai, konsep kampung tangguh yang sedang berjalan di Kabupaten Sidoarjo ini, merupakan salah satu solusi yang efektif untuk memutus sebaran covid-19.



“Pembentukan Kampung tangguh adalah program yang tepat untuk mengatasi wabah virus Corona. Karena program melibatkan semua komponen masyarakat termasuk perangkat desa,” Kata Rahmat Muhajirin, Sabtu (27/6/2020).

Lebih lanjut, suami Hj Mimik Idayana anggota komisi D DPRD Sidoarjo ini menyatakan, dengan melombakan kampung tangguh untuk merangsang kesadaran masyarakat dalam memutus sebaran covid-19.

“Kampung tangguh sebagai langkah kooperatif membuat masyarakat sadar terhadap protkes, Karena tidak ada cara lain untuk menggerakkan kemauan dan kerelaan masyarakat untuk bersama-sama memiliki daya cegah yang baik,” ulasnya.

Namun begitu, Rahmat juga mengingatkan beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melombakan Kampung Tangguh.

Yang pertama adalah memfokuskan penerapannya pada protokol kesehatan, ketahanan pangan, humas, dan lainnya.

Selain itu, pihaknya meminta dalam melaksanakan kampung tangguh juga melibatkan tokoh masyarakat dan tokoh agama setempat, sehingga selain dari protkes juga ada penekanan untuk tidak mengabaikan pandemi covid-19.

Mengenai wacana yang dilempar Wabup Sidoarjo untuk menyalurkan dana stimulus sebesar Rp 7 juta untuk setiap desa, menurutnya hal itu perlu dipertimbangkan lebih lanjut.

“Bagus juga tapi harus benar-benar diperhitungkan supaya jangan sampai ada dobel anggaran,” pungkasnya.