Pemkot Surabaya Kembali Kebut Renovasi Pembangunan GBT, Tiga Lapangan Pendukung Masih Lelang


Pemkot Surabaya kembali mengebut renovasi Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), setelah sempat terhenti akibat pandemi covid-19. 


Stadion GBT sendiri salah satu lokasi venue yang diusulkan PSSI menjadi penyelengara Piala Dunia U-20 2021 mendatang.

Saat ini proses renovasi stadion sudah mulai proses pembangunan pagar stadion setinggi 3,6 meter.

"Baru mulai pengerjaan persiapan, ini lagi bikin pondasi pager kelilingnya GBT yang tingginya 3,6 meter. Jadi masih on going," kata Kepala Bidang Bangunan dan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP-CKTR) Kota Surabaya, Iman Krestian saat dikonfirmasi Kantor Berita RMOLJatim, Senin (29/6).

Sedangkan untuk kursi stadion yang rencanannya akan menggunakan kursi single seat stadioan GBT, lanjut Iman rencananya awal Agustus akan datang dan segera dipasang. 

"Agustus kursi single seatnya datang. Pememang tendernya sudah ada, Agustus nanti dikirim. Sekarang masih proses pengecatan tribun," ungkapnya. 

Selain GBT Iman mengaku masih ada tiga lapangan pendukung stadion yang menjadi syarat FIFA untuk menjadi venue Piala Dunia U-20 mendatang. 

Namun kini mulai dibuka lelang pembangunannya kembali. Sebab saat awal pandemi corona proses lelang sempat terhenti. 

"Tiga lapangan pendukung saat ini masih proses lelang. Soalnya sempat dihentikan saat awal pandemi lelangnya. Sekarang dilanjutkan kembali," lanjutnya. 

Meski sempat terhenti, proses renovasi stadion GBT dan lelang pembangunan tiga lapangan pendukung stadion, Iman optimis akan selesai sesuai target diakhir tahun 2020. 

"Insya Allah Desember selesai. Soalnya sempat terhento karena awal-awal pandemi, lebaran dan juga ada PSBB kemarin. Saat ini sudah on trak semua," tandasnya. 

Sementara Kabid Sarana dan Prasarana Dispora Surabaya Edi Santos mengatakan jika renovasi Stadion GBT dan pembangunan tiga lapangan pendukung sesuai rencana tahun 2020 rampung, meski saat ini tengah ada pandemi corona di Surabaya. 

"Renovasi stadion dan pembangunan tiga lapangan pendukung tetap dilaksanakan sesuai progam tahun 2020, tidak ada yang tertunda," ujar Edi. 

Edi menambahkan jika selama ada pandemi corona pembangunan stadion untuk Piala U-20 tetap menjadi perhatian Pemkot Surabaya. 

"Mungkin ada pandemi corona, Piala Dunia menjadi perhatian khusus," pungkasnya.