Ketujuh Kalinya, Laporan Keuangan Pemkab Probolinggo Raih Opini WTP

[rmolPemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo berhasil mempertahankan ketujuh kalinya Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Probolinggo tahun anggaran 2019.


Opini tersebut didasarkan pada Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas LKPD oleh Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Jawa Timur tahun anggaran 2019. Dengan demikian, Pemkab Probolinggo berhasil meraih opini WTP selama 7 (tujuh) tahun berturut-turut sejak tahun 2013 silam.

Hasil audit penilaian BPK untuk tahun anggaran 2019 tersebut diserahkan oleh Kepala BPK-RI Perwakilan Jawa Timur Joko Agus Setyono kepada Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari dan Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo di auditorium Kantor BPK RI Perwakilan Jawa Timur di Sidoarjo.

Dalam penerimaan opini WTP tersebut, Bupati di dampingi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo H. Soeparwiyono, Inspektur Sigit Sumarsono, Kepala Badan Keuangan Daerah Dewi Korina serta Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Yulius Christian.
Bupati Probolinggo menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat kepada seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) tanpa terkecuali bersama dengan seluruh stafnya yang telah mempersiapkan proses interim ini dengan baik sehingga mampu mempertahankan opini WTP yang ketujuh.
“Tentunya ini menjadi harapan saya agar bisa memotivasi bagi kita semua dalam proses bisnis Pemerintah Kabupaten Probolinggo utamanya dalam perencanaan, pengelolaan dan pelaporan keuangan daerah terus menerus kita pacu untuk lebih baik, lebih professional dan lebih transparan semata-mata untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Probolinggo,” katanya, seperti dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (30/06) siang.

Tidak lupa Bupati Tantri juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ketua dan seluruh anggota DPRD Kabupaten Probolinggo yang telah memberikan support luar biasa kepada jajaran eksekutif sehingga bersama-sama bisa berjalan beriringan dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih dan transparan.

“Terima kasih pula kepada masyarakat yang telah tanpa henti mendoakan kami semua para pelayan masyarakat sehingga harapannya kami mampu menjadi pelayan yang terus lebih baik dan lebih baik lagi,” ungkapnya.
Sementara Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo Andi Suryanto Wibowo menyampaikan ucapan selamat untuk Kabupaten Probolinggo atas diraihnya kembali opini WTP yang ketujuh kalinya.
“Ini berkat sinergi bersama antara Pemerintah Kabupaten Probolinggo dengan legislatif dan seluruh OPD terkait serta elemen masyarakat. Insya Allah ke depan kita mampu merebut WTP yang kedelapan bersama-sama mewujudkan Kabupaten Probolinggo lebih maju dan lebih makmur,” katanya.
Sedangkan Ketua BPK-RI Perwakilan Jawa Timur Joko Agus Setyono menyampaikan pemeriksaan atas LKPD bertujuan untuk memberikan opini tentang kewajaran penyajian laporan keuangan oleh pemerintah daerah.
“Opini WTP yang diberikan BPK merupakan pernyataan professional pemeriksa mengenai kewajaran penyajian laporan keuangan dan bukan merupakan jaminan bahwa laporan keuangan yang disajikan oleh pemerintah sudah terbebas dari adanya fraud atau tindakan kecurangan lainnya,” pungkasnya.