Resmikan Kampung Tangguh, Bupati Jombang: Tangguh Ekonominya

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab meresmikan Kampung Tangguh Semeru yang ada dikawasan utara Brantas, tepatnya di Desa Made kecamatan Kudu. Kampung tangguh merupakan bagian dari upaya dalam pencegahan penyebaran virus corona dan menciptakan kamtibmas yang kondusif.


"Dibentuknya Kampung Tangguh Semeru agar kampung kampung yang ada di Kabupaten Jombang tangguh dalam hal keamanannya, kesehatan, dan juga tangguh dalam perekonomian," kata AKBP Agung Setyo Nugroho Kapolres Jombang, Jumat (03/06).

Sesuai instruksi Kapolda Jatim, lanjut Agung, bahwa sejatinya dengan dibentuknya kampung tangguh ini dalam artian agar kampung tersebut nantinya tangguh keamanannya, masyarakat dapat bergotong royong dan menghidupkan kembali siskamling.

"Dalam hal kesehatan kampung tangguh juga harus memiliki check poin, tempat isolasi dan hal lain yang berkaitan protokol kesehatan, " imbuhnya.

Kapolres berharap adanya sinergitas yang baik dan solid diantara kepala desa, Babinkamtibmas, dan Babinsa, demikian juga dengan Kapolsek, Danramil dan Camat agar desanya menjadi desa tangguh.

Sementara itu Bupati Jombang, Hj Mundjidah Wahab mengajak semua elemen masyarakat bersama mencegah dan memutus mata rantai penyebaran covid 19 salah satunya yakni mewujudkan desanya menjadi kampung yang tangguh dalam menghadapi pandemi Covid.

"Baik tangguh kesehatannya dan tangguh perekonomiannya. Seluruh warganya berdisiplin melakukan protokol kesehatan dan menghidupkan lumbung pangan, dapur umum juga menghidupkan produk UMKM diwilayahnya dengan potensi yang ada," terang Mundjidah.

Terkait penambahan orang yang terkorfirmasi positif covid 19 di kabupaten Jombang yang cukup tinggi, Bupati Jombang mengungkapkan bahwa hal ini banyak masyarakat yang mengikuti rapid tes, sehingga dengan demikian dapat terdeteksi dengan cepat hasilnya.

"Kita sudah melakukan rapid tes hampir menyeluruh baik di pasar, perkantoran maupun pedagang kaki lima. Dan hasil dari rapid tes massal yang dilakukan secara masif ini akhirnya kita akan mengetahui penyebarannya. Dan setelah tahu, kita akan dapat segera melakukan langkah berikutnya," bebernya.

"Terima kasih atas sinergitas babinsa, babinkamtibmas dan juga kepala desa semuanya yang selama ini sudah bekerja bersama sama dalam menangani covid 19 di Jombang. Semoga dengan ikhtiar yang kita lakukan bersama, kabupaten Jombang segera terbebas dari Covid 19," pungkasnya.

Selain meresmikan Kampung Tangguh Semeru desa Made, Bupati juga meresmikan Wisata Tangguh Sendang Made yang terdapat di desa Made. Dalam peresmian kali ini Bupti Jombang didampingi Wakil Bupati Jombang Sumrambah, Kapolres Jombang, Camat Kudu, serta Kepala OPD.