Tingkatkan Hasil Pertanian, UPJA Karya Mandiri Terima Combine Harvester lewat Jalur Aspirasi

Usaha pelayanan Jasa alsintan (UPJA) karya Mandiri desa Gandul kecamatan Pilangkenceng kabupaten Madiun mendapatkan Combine Harvester Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) kementerian pertanian (Kementan), melalui jalur aspirasi anggota DPR RI komisi IV dari fraksi PDIP Mindo Sianipar, minggu (28/6) lalu.


Ketua UPJA Karya Mandiri Kokok Gandul sangat berterimakasih kepada kementerian pertanian, juga kepada anggota DPR RI komisi IV dari fraksi PDIP Mindo Sianipar. Menurutnya pemerintah pusat untuk mendongkrak produksi sektor pertanian di kabupaten Madiun.

"Bantuan ini sebagai bentuk perhatian pemerintah untuk mendongkrak sektor pertanian di Madiun. Dengan adanya bantuan alsintan ini diharapkan dapat meningkatkan hasil produksi petani,” tutur Kokok.

Sementara itu, Penyuluh pertanian lapangan (PPL) desa Gandul kecamatan Pilangkenceng Anang Kurniawan mengaharapkan, dengan adanya bantuan alsintan tersebut produksi pertanian di Kecamatan Pilangkenceng akan meningkat.

“Kami sangat mengapresiasi pemerintah pusat yang telah berupaya menyerap aspirasi petani, dan bisa terealisasi. Dengan adanya bantuan ini harapan kami produksi pertanian akan meningkat," terang Anang.

Sekedar diketahui, dengan menggunakan Combine Harvester saat panen, petani merasakan manfaatnya selain efektif dan efisien dalam biaya serta waktu. Kehilangan hasilnya juga sangat sedikit, sehingga banyak petani yang beralih menggunakan alat panen tersebut.