Tekan Penyebaran Covid-19, Stasiun Tangguh Semeru Diresmikan

Stasiun Madiun berkomitmen Stasiun Tangguh Semeru. Hal tersebut bertujuan menekan dan mencegah penyebaran Covid-19. Stasiun Madiun Stasiun Tangguh Semeru pun diresmikan langsung oleh Wali Kota Madiun dengan didampingi Kapolres Madiun kota AKBP R Bobby Aria Prakasa, Rabu (8/7) sore.


Wali Kota Madiun Mengatakan, di dalam Stasiun Tangguh ini telah dipersiapkan berbagai Fasilitas penunjang kesehatan, seperti ruang isolasi, pos kesehatan, posko penangan dan lainnya. Sehingga akan dapat mendeteksi secara dini, jika ada calon penumpang yang memiliki gejala Covid-19.

”Stasiun ini kan salah satu pintu gerbang keluar masuknya masyarakat. Kalau di pintu gerbang sudah terdeteksi, kemungkinan penularan lebih jauh bisa diminimalkan,’’ kata Walikota Madiun Maidi dikutip Kantor Berita RMOLJatim.

Terpisah, Kapolres Madiun Kota AKBP R. Bobby Aria Prakasa menuturkan, program ini bertujuan untuk memberikan situasi masyarakat yang aman, nyaman, dan tenteram dalam menjalankan perjalanan baik di Stasiun keberangkatan maupun penumpang yang turun di stasiun.

”Stasiun tangguh semeru ini dibentuk supaya masyarakat ini aman, nyaman, dan tenteram dalam menjalankan perjalanan baik berangkat ataupun kembali dari luar kota,” terang Kapolres.

Sementara itu, Manager Humas KAI Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko menjelaskan Diwilayah Daop 7 sudah ada 3 stasiun yang dijadikan Stasiun Tangguh. Diantaranya yaitu Stasiun Blitar, Stasiun Tulungagung, dan yang baru di Launching yaitu Stasiun Madiun ini.

”Di wilayah Daop 7 Sudah ada beberapa Stasiun Tangguh, diantaranya yaitu Stasiun Blitar, Stasiun Tulungagung, dan yang ketiga Stasiun Madiun ini,” imbuhnya.

Program stasiun tangguh ini mekanismenya sebagai berikut sebelum masuk ke dalam stasiun, Calon penumpang akan diwajibkan melalui beberapa serangkaian protokol kesehatan. Pertama yaitu cuci tangan, kemudian cek suhu tubuh.

Jika saat dilakukan cek suhu tubuh melebihi 37 derajat selsius, maka calon penumpang tidak akan diijinkan masuk stasiun. Selain itu calon penumpang juga harus menunjukkan surat sehat ataupun kartu identitas sebelum masuk ke stasiun.