SAH: Seharusnya Ada Supermarket Hasil Olahan Laut di Surabaya

Sapa warga nelayan Sukolilo Baru, Kenjeran, Surabaya Minggu pagi (12/7), menjadi agenda Siti Anggraeni Hapsari (SAH) dan Tim Relawan dalam menampung aspirasi warga.


Bersama rombongan dan warga, sekitar 20 perahu diberangkatkan menuju gunung pasir di tengah laut Kenjeran Surabaya. Di sana warga mendeklarasikan dukungannya terhadap SAH jika nanti terpilih menjadi calon wakil Walikota Surabaya bersama Mahmud Arifin sebagai walikotanya.

Aspirasi warga yang diwakili Anang menyampaikan beberapa permasalahan. Di antaranya tempat penjemuran hasil tangkapan ikan dan harga jual hasil tangkapan ikan yang sangat murah.

Dari penyampaian itu, SAH menyadari akan keterbatasan lahan, jumlah penduduk yang semakin bertambah sehingga sarana pemukiman semakin berkurang, dan pengelolaan hasil tangkapan laut menjadi tidak bisa maksimal sehingga harga jual dapat dipermainkan oleh para tengkulak.

Karena itu SAH mengusulkan agar dilakukan reklamasi untuk penambahan lahan jemuran hasil tangkapan ikan nelayan.

“Diharapkan pengolahan hasil tangkapan itu dapat dijual dengan harga yang relatif lebih tinggi. Untuk itu diperlukan mekanisme penjualan hasil tangkapan ikan menjadi hasil olahan sebagai wacana untuk menstabilkan harga,” terang SAH dikutip Kantor Berita RMOLJatim.  

Ditambahkan SAH, saat ini cara pengolahan hasil tangkapan ikan di wilayah Kenjeran masih relatif tradisional.

Pihaknya mendesak perlu digalakkan pelatihan inovasi baru yang lebih baik, higienis dan dalam kemasan yang menarik.

“Dengan pelatihan inovasi baru dapat meningkatkan SDM dalam hal pengolahan sehingga mudah dipasarkan dengan harga yang lebih baik,” ujarnya.

Dalam hal pemasaran, SAH menggambarkan seharusnya di Kenjeran sudah selayaknya ada supermarket yang menampung berbagai hasil produksi laut warga.

“Seharusnya ada supermarket khusus produk-produk hasil olahan lautnya. Orang-orang pastinya hanya dapat mencarinya di Kenjeran. Karena Kenjeran sangat dikenal sebagai tempat wisata air laut Surabaya. Ketika orang berwisata, setidaknya wisatawan bisa berbelanja di tempat yang nyaman, dengan hasil olahan laut yang lebih bervariasi dan dikemas dalam kemasan yang menarik,” tutupnya.