Pelanggan Baru First Media Naik 52 Persen Per Bulan

Pelanggan baru PT Link Net Tbk dengan brand First Media di Jawa Timur dan Bali meningkat rerata 52 persen per bulannya. Sementara penambahan pelanggan dibandingkan tahun 2019 lalu meningkat 9 persen.


“Saat ini pelanggan di Jatim dan Bali sebesar 115 ribu dengan coverage jaringan ada di Kota Surabaya, Sidoarjo, Malang, Gresik dan tahun ini perluasan ke Kota Madiun dan Kediri. Saat ini Home Passed first media di Jatim Bali capai 456 ribu,” kata Business Unit Head wilayah Jawa Timur & Bali PT Link Net Tbk, Didi Harijanto, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (23/7).

Kebutuhan akses internet yang tinggi, sambungnya,  menjadi sebab banyak penambahan pelanggan baru. “Kita optimistis di tengah pandemi masih bertumbuh,” jelasnya dalam cisco webex dengan media.

Dia menjelaskan, kontribusi Jatim terhadap nasional sebesar 13 sampai 15 persen dan diharapkan terus bertambah seiring penambahan pelanggan baru. Namun demikian hingga akhir tahun belum bisa dipastikan berapa target pelanggan baru yang dicapai.

“Harapannya bertumbuh karena potensi pasar masih sangat terbuka dan kebutuhan akses nternet sangat besar,” ujarnya.

Sementara itu, Deputy CEO dan Chief Operations Officer PT Link Net Tbk, Victor Indajang, mengatakan, selama masa pandemi, brand First Media, pemimpin industry fixed broadband dan Pay TV di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

“Periode pertengahan Maret – Mei 2020, First Media mengalami kenaikan traffic internet yang signifikan sebesar 47%, dan jumlah pelanggan yang meningkat sebesar 40% jika dibandingkan dengan periode sebelumnya. Hal ini didorong dari adanya penerapan kebijakan social atau pyshical distancing yang menuntut kebutuhan masyarakat akan konten-konten digital dan akses layanan internet.”

Kuartal 1-2020, First Media menambahkan 73.629 Home Passed dan total menjadi 2,54 juta Home Passed. Pada periode yang sama, peningkatan juga terjadi pada jumlah pelanggan baru yang naik 31.757 pelanggan, sehingga total menjadi 699.962 pelanggan; dimana 32% pelanggan baru berasal dari Batam, Semarang, Medan, Solo, Bali dan kota lainnya.

Hingga akhir Mei 2020, total penambahan pelanggan First Media tercatat sebanyak 75.274, dan total menjadi 743.479 pelanggan. Total penambahan ini telah melampaui total penambahan pelanggan sepanjang tahun 2019 sebanyak 73.498.

“Peningkatan kebutuhan layanan akses dan jaringan internet, serta tayangan dan konten berkualitas. COVID-19 menjadi game changer di tahun 2020, mendorong percepatan tranformasi digital, dari adanya perubahan perilaku masyarakat, yang kini semakin dituntut untuk dapat beradaptasi dengan aktivitas berbasis teknologi digital, dan memberikan pengaruh terhadap kebutuhan akses ke layanan dan jaringan internet yang cepat, stabil, dan tetap terjangkau,” ungkap Head of Operations & Business Unit Strategic Development PT Link Net Tbk, Christian Dwinantyo.

“First Media First Media, lanjutnya, memiliki empat fokus utama yakni Service Quality, Business Continuity Plan, Corporate Social Responsibility (CSR).  First Media secara konsisten terus melakukan peningkatan layanan serta menghadirkan produk-produk inovatif dan berbagai program sebagai upaya untuk menjawab kebutuhan pelanggan mulai dari kebutuhan layanan internet, konten informasi dan hiburan, serta akses pembelajaran online,” demikian Christian.