Busrul Iman Jabat Dirut Bank Jatim

Busrul Iman, kini resmi menjabat sebagai Direktur Utama (Dirut) PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk (Bank Jatim). Dalam Agenda Utama Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Ruang Bromo, bankjatim Kantor Pusat lantai 5, Surabaya, Kamis  (23/7) ada dua nama, yakni Busrul Iman dan Erdianto Sigit Cahyono yang menjabat Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko bankjatim.


Mengingat keduanya telah memperoleh persetujuan menjadi Direktur Utama bankjatim dari hasil Penilaian Kemampuan dan Kepatutan dari Otoritas Jasa Keuangan.

Pelaksanaan RUPSLB bankjatim tersebut berjalan dengan lancar yang ditandai dengan terpilihnya Busrul Iman sebagai Direktur Utama bankjatim.

“Terimakasih kepada para Pemegang Saham atas kepercayaan yang telah diberikan. Semoga saya bisa menjalankan amanah dalam membawa bankjatim ke arah yang lebih baik” ucap Busrul yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Komersial dan Korporasi bankjatim, dalam keterangan tertulis yang diterima  Kantor Berita RMOLJatim.

Dengan adanya pengangkatan Direktur Utama secara definitif tersebut diharapkan dapat membawa bankjatim lebih baik dimasa yang akan datang serta mampu meningkatkan kinerja bankjatim dimana hingga bulan Mei 2020 tercatat aset bankjatim sebesar Rp. 72,36 Triliun atau tumbuh 9,69 % (YoY).

Dari segi bisnis, kredit bankjatim mengalami pertumbuhan 12,07 % (YoY) atau sebesar Rp. 38,96 Triliun, sedangkan Dana Pihak Ketiga (DPK) bankjatim mengalami pertumbuhan 10,76 % (YoY) atau sebesar Rp. 61,36 Triliun

Pertumbuhan performa kinerja keuangan bankjatim yang cukup bagus tersebut, mampu menjaga rasio keuangan bankjatim posisi Mei 2020 di tingkat yang wajar, tercatat Return on Equity (ROE) sebesar 18,25% menunjukkan rasio profitabilitas bankjatim masih cukup bagus.

Dari sisi ketahanan modal, rasio CAR sebesar 21,61 % menggambarkan kecukupan modal bankjatim cukup bagus, diikuti dengan Net Interest Margin (NIM) sebesar 5,88 %, ROA sebesar 2,60% serta tingkat efisiensi bankjatim yang cukup bagus dilihat dari rasio BOPO sebesar 70,71%. Dengan catatan kinerja tersebut, bankjatim mampu mencatatkan laba bersih sebesar 608,22 Miliar.