Jelang Pelaksanaan Muswil, PAN Jatim Mulai Buka Pendaftaran Calon Formatur

Jelang Pelaksanaan Muswil, PAN Jatim Mulai Buka Pendaftaran Calon Formatur

Tahapan pelaksanaan Musyawarah Wilayah (Muswil) V Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional (DPW PAN) Provinsi Jawa Timur mulai digulirkan.


“Sesuai dengan keputusan Rapat Harian yang dihadiri pengurus DPW PAN Jatim dan menjalankan arahan dari DPP PAN, DPW PAN Jatim telah membentuk SC (steering comittee, red) dan OC (organizing committee), yang berikutnya akan melakukan tahapan-tahapan persiapan dan pelaksanaan Muswil,” terang Dr A Basuki Babussalam, Ketua SC Muswil V PAN Jatim.

Basuki melanjutkan bahwa mulai Sabtu (25/7) besok panitia penyelenggaran mulai membuka pendaftaran bakal calon (balon) formatur, dan pendaftaran akan ditutup pada Rabu (29/7) pukul 15.00 WIB.

“Sebagaimana arahan Ketum PAN untuk bersama-sama menjaga kebersamaan soliditas kader guna menghadapi tantangan PAN, kami mengundang seluruh kader potensial PAN Jatim untuk turut mendaftar. Karena semangat kebersamaan membesarkan PAN itu pula, tema Muswil V PAN Jatim ini adalah ‘Bersatu Mewujudkan Jatim Hebat’,” papar Basuki .

Mekanisme pemilihan formatur, lanjut Basuki, setelah pendaftar diverifikasi berkas dan kemudian lolos, hasilnya akan diserahkan ke DPP PAN untuk ditetapkan menjadi calon formatur.

“Komposisinya, 4 formatur dari unsur PAN Jatim dan 1 formatur dari DPP PAN. Jika formatur yang ditetapkan DPP lebih dari 4 nama, maka akan dilakukan voting oleh peserta Muswil. Tetapi, jika kurang dari 4 maka akan dilakukan musyawarah mufakat,” terang Basuki.

Namun, apabila nama kurang dari 4 tersebut tidak bersepakat untuk menentukan siapa ketuanya, maka akan diambil alih DPP untuk proses penentuan ketuanya.

Sebagaimana diketahui, tim formatur ini memiliki peran penting sebab akan menentukan Struktur DPW PAN Jatim ke depan, termasuk Ketua DPW PAN Jatim periode 2020 – 2025 mendatang.

“Kami yakin forum tertinggi pengambil keputusan tingkat Provinsi Jatim ini akan berjalan dengan kondusif karena seluruh kader PAN di Jawa Timur mengusung semangat sama sebagaimana arahan Ketum PAN untuk mengedepankan kebersamaan guna mewujudkan PAN Jatim lebih hebat di masa mendatang,” kata Basuki yang juga Ketua Fraksi PAN DPRD Provinsi Jawa Timur ini.

Sebelumnya, dalam forum silaturahmi kader PAN, Ketum PAN Zulkifli Hasan berpesan
agar agenda Musyawarah Wilayah (Muswil) dan Musyawarah Daerah (Musda) PAN dilakukan dengan mengedepankan kebersamaan seluruh tingkatan.

"Mari kita tutup buku (lama), kita buka buku yang baru, untuk bersama-sama menjaga kebersamaan, soliditas kader, kita buka buku yang baru untuk mempersiapkan diri sejak dini.
Jangan Muswil dan Musda itu bertarung habis-habisan, menghabiskan kegiatan dan sumber logistik kita, yang akan menimbulkan luka. Sebaiknya berbagi peran musyawarah mufakat," tandasnya.