Komite Covid-19 Susun Kebijakan Untuk Mendorong Bangkitnya Aktivitas Ekonomi

Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) menggelar rapat internal yang membahas program penanganan Covid-19 pada Kamis (30/7). Rapat yang digelar di ruang rapat Menko Perekonomian, lantai 4 itu, dipimpin Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan PEN Airlangga Hartarto.


Airlangga menegaskan, dirinya menjalankan arahan Presiden Joko Widodo untuk memastikan komite penanganan Covid-19 dapat menyelamatkan masyarakat sekaligus mengembalikan aktivitas ekonomi warga.

“Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, komite harus memastikan keselamatan dan kesehatan masyarakat sekaligus mengembalikan aktivitas ekonomi masyarakat dengan rasa aman," ujar Menteri Koordinator Perekonomian itu melalui laman Twitter pribadinya Kamis (30/7).

Lebih lanjut pria yang juga Ketua Umum Partai Golkar itu menjelaskan, pemerintah saat ini fokus mengatasi jumlah pengangguran yang terdampak Covid-19. Selain itu, pemerintah juga fokus merealisasikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada pelaku UMKM.

"Realisasi KUR kepada UMKM yang terus dioptimalkan dan penjaminan modal kerja kepada korporasi diharapkan dapat menjadi pengungkit pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal III dan IV tahun ini," tulis Airlangga.

Ditambahkan Airlangga pula, pemerintah juga tengah menyusun sejumlah kebijakan untuk mendorong kebangkitan aktivitas ekonomi. Tujuannya, kebijakan ekonomi yang dikeluarkan pemerintah akan dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat secara berkelanjutan.