Unesa Gelar Webinar Diskusi Inovasi dan Solusi Dunia Pendidikan

Unesa Gelar Webinar Diskusi Inovasi dan Solusi Dunia Pendidikan

Dalam rangka mewujudkan diskusi terkait berbagai isu untuk menggali inovasi dan berbagai solusi terkait dunia pendidikan, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) bersama dengan Suluh Nusantara Bakti, Aliansi Kebangsaan dan FKPPI menyelenggarakan webinar Diskusi Kelompok Terarah (DKT) Pendidikan sebagai Wahana Mengokohkan Budaya Bangsa.


“Dunia pendidikan juga harus dapat mengantisipasi tren dan menjaga hasil pembelajaran sesuai dengan cita-cita bangsa,” kata Prof. Dr. Muchlas Samani, dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (30/7).

Dalam kesempatan yang sama, Pendiri Sekolah Cikal, Najeela Shihab, mengungkapkan pentingnya pembelajaran modern yang tetap berakar pada budaya nasional.

Lebih lanjut, Ia menjelaskan tentang kunci kesuksesan guru yang harus berakar pada memanusiakan hubungan, memahami konsep, membangun keberlanjutan, memberdayakan konteks dan memilih tantangan.

Dalam webinar ini, terdapat diskusi peserta dengan pemateri terkait permasalahan guru untuk menggali inovasi dan menyampaikan solusi untuk kesejahteraan guru juga penyampaian orientasi pendidikan jangka panjang, utamanya terkait dengan kesuksesan mewujudkan revolusi industri dan kaitannya dengan konsep merdeka belajar.

“Miskonsepsi merdeka belajar bukan sebebas-bebasnya, tapi memberikan akses pendidikan yang sesuai untuk membangun kualitas anak,” tegasnya.

Webinar dibuka oleh Rektor Unesa, Prof. Dr. Nurhasan dan dihadiri lebih dari 1.500 peserta dari berbagai penjuru daerah di Indonesia, utamanya yang memiliki latar belakang pemerhati maupun praktisi pendidikan.

Terdapat beberapa pembicara yang telah handal dalam bidang pendidikan, seperti Najeela Shihab sebagai Pendiri Sekolah Cikal, Prof. Dr. Yudie Haryanto sebagai CEO Nusantara Centre Indonesia, Prof. Dr. Muchlas Samani selaku Rektor Unesa periode 2010-2014, Prof. Dr. Zainudin Maliki selaku Anggota DPR-RI Komisi X Bidang Pendidikan, Olahraga dan Sejarah, Prof. Dr. M. Nuh, DEA selaku Ketua PBNU Bidang Pendidikan Periode 2015-2020 yang diwakili dari NU Circle, Dr. Iwan Sjahril selaku Dirjen GTK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, M.R. Ramli selaku Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI) Periode 2016-2021 dan Ki Darmaningtyas selaku Pengurus Persatuan Keluarga Besar Taman Siswa (PKBTS).