Anggota DPR Rahmat Muhajirin Potong 7 Sapi Terberat di Sidoarjo

Anggota DPR Rahmat Muhajirin Potong 7 Sapi Terberat di Sidoarjo

Gema takbir berkumandang di halaman rumah anggota Komisi III DPR RI Rahmat Muhajirin dan Mimik Idayana, anggota DPRD Sidoarjo di Perum TNI AL Desa Sugihwaras Blok C1 no 16 Candi ini, Jumat (31/7).


Gema takbir ini mengiringi pemotongan 7 ekor sapi limosin masing-masing seberat 1,2 ton dan 1 ekor kambing dalam perayaan hari raya Idul Adha 1441 H.

Sebanyak 3 500 kupon dibagikan pada warga 7 desa di kecamatan Candi. Yakni Desa Gelam, Desa Candi, Desa Sugihwaras, Desa Kedungkendo, Desa Karangtanjung, Desa Durungbanjar dan Desa Durungbedug.

Uniknya, pembagian daging kurban itu tidak menggunakan plastik. Tapi besek bentuk segi empat yang lebih praktis dan ramah lingkungan.

“Qurban tahun ini kita sengaja tidak membagikan kupon karena masa pandemi covid-19. Untuk penggunaan besek, kami berupaya ikut serta untuk mengurangi sampah plastik,” kata Mimik Idayana yang juga istri Rahmat Muhajirin.

Mimik mengaku harus memesan besek sekitar sebulan sebelum pelaksanaan penyembelihan kurban. Pemesanan besek dilakukan ke beberapa UMKM di Candi dan sekitarnya.

"Kami juga ingin memberdayakan UMKM di Sidoarjo," imbuh politisi Gerindra ini.

Menurutnya, momen Idul Adha ini bisa dirasakan oleh semua masyarakat. Tidak hanya kebagian daging kurban, tetapi juga bisa mendapatkan rezeki dari hasil kreasi membuat besek.

"Semoga di momen Idul Adha ini kita semua mendapatkan barokah," ujarnya.

Dalam momen tersebut, Rahmat dan Mimik mengkurbankan 7 ekor sapi dan seekor kambing. Proses penyembelihan di halaman depan rumah itu juga dibantu oleh warga sekitar.

Mereka bahu-membahu mulai dari penyembelihan, pemotongan daging hingga dikemas dalam besek. Setiap besek diisi daging sekitar 1 kilogram.

Puluhan warga yang menjadi panitia, juga turut sibuk membantu menyiapkan potongan daging, untuk didistribusikan kepada 3.500 masyarakat tujuh desa yang berhak mendapatkan daging kurban.

“Alhamdulillah hari raya idul adha tahun ini, kita bisa berkorban 7 ekor sapi dan 1 kambing. Kita distribusikan kepada 3.500 warga dari tujuh desa yakni Desa Gelam, Candi, Sugihwaras, Kedungkendo, Durung banjar dan Desa Karang tanjung, Durungbedug,” ujar Rahmat Muhajirin.

Pembagian daging hewan kurban di hari raya Idul Adha merupakan kegiatan rutin tiap tahun yang dilakukan oleh keluarga besar Rahmat Muhajirin.

“Distribusi daging kurban akan kita salurkan kepada yang berhak menerima. InsyaAllah pelaksanaan Idul Adha ini penuh berkah, dan memiliki manfaat besar bagi penerimanya,” jelas Rahmat Muhajirin.