Pabrik Biotanol Terbakar, Warga Berhamburan

Korban ledakan pabrik Bioetanol saat dibawa ke ambulan /RMOLJatim
Korban ledakan pabrik Bioetanol saat dibawa ke ambulan /RMOLJatim

Kebakaran terjadi di pabrik Bioetanol milik PT Energi Agro Nusantara di Kecamatan Gedeg, Kabupaten Mojokerto, Senin (10/8/2020) sore. Peristiwa kebakaran dan disertai ledakan menyebabkan satu karyawan pabrik tewas di lokasi kejadian.


Kobaran api terlihat membunmbung di sekitar pabrik. Api kemudian menyambar tiga tangki besar tempat penyimpanan bioetanol dan meledak hingga beberapa kali.

Kerasnya bunyi ledakan membuat warga sekitar pabrik panik dan melarikan menyelamatkan diri. Sementara jalan-jalan di sekitar lokasi pabrik ditutup warga setempat.

Seorang warga bernama Susilo mengatakan, awalnya sebelum terjadi kebakaran terdengar bunyi ledakan sekali. Kemudian disusul ledakan yang lebih keras dan menimbulkan kobaran api.

"Saya mendengar ledakan hingga tiga kali dan langsung menyala api. Warga disini panik dan mengungsi ke tempat aman," ujar Susilo di lokasi kejadian.Pantauan di lokasi kebakaran pabrik, sejumlah petugas damkar dikerahkan ke lokasi untuk memadamkam kobaran api di areal pabrik.Proses pemadaman sampai saat ini masih berlangsung dan terkendala karena seluruh isi tangki berisi bioetanol yang tumpah akibat ledakan. Selain itu di lokasi juga terdapat beberapa ambulans yang disiagakan.

Ambulans ini mengevakuasi korban luka maupun tewas. Data yang dihimpun, satu orang pekerja tewas di lokasi kejadian dengan kondisi mengenaskan. Jenazah sudah dibawa ke Rumah Sakit RS Basuni, sedangkan 10 orang lainnya mengalami luka bakar.