International Youth Day Citra Anak Muda yang Well-Educated dan Well-Informed

Anwar Sadad dan anak/Istimewa
Anwar Sadad dan anak/Istimewa

Hari ini diperingati International Youth Day atau Hari Remaja Internasional. International Youth Day ditetapkan oleh PBB sejak 12 Agustus 1998, dan diperingati pertama kali pada tahun 2000.


Politisi Gerindra, Anwar Sadad mengatakan, Hari Remaja Internasional ini menjadi penting karena peran remaja makin hari makin diperlukan karena peradaban modern diwarnai, bahkan ditentukan oleh pengetahuan dan informasi.

“Pengetahuan dan informasi merupakan bidang yang identik dengan dunia anak muda. Pengetahuan yang menerabas batas-batas sumber pengetahuan hanya mungkin dilakukan dengan cara mengintegrasikannya dengan teknologi informasi,” terang Sadad dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Rabu (12/8).

Ditambahkannya, integrasi pengetahuan dan informasi telah menghasilkan revolusi teknologi informasi, dan sejarah membuktikan bahwa anak-anak muda di usia belia berada di balik revolusi itu.

“Kemajuan teknologi mempersatukan individu di seluruh belahan dunia, menjadi modal penting membangun perdamaian dunia,” ujar pria yang menjabat sebagai Sekretaris DPD Gerindra Jawa Timur ini.

Menurutnya, tema Hari Remaja Internasional tahun ini adalah "Youth Building Peace". Tema itu menggambarkan citra anak muda hari ini.

“Citra anak muda yang well-educated, well-informed, berpikir masa depan, dan berpikir positif memberikan optimisme bahwa masa depan dunia di tangan anak muda akan menjadi lebih baik, dunia tanpa konflik dan kekerasan,” urainya.

Sadad berharap anak-anak muda menjaga konsistensi idealismenya, melawan sisi buruk modernitas dengan selalu mengedepankan sisi positifnya.

“Karena idealisme, seperti ditulis Tan Malaka, adalah kemewahan terakhir yang dimiliki oleh anak muda,” tutup Wakil Ketua DPRD Jawa Timur ini.