Pelindo III Bantu APD Ke 3 Rumah Sakit di Jatim

Penyaluran bantuan APD Pelindo III/dok hms
Penyaluran bantuan APD Pelindo III/dok hms

Tingginya Kebutuhan alat pelindung diri atau APD bagi para tenaga medis, khususnya yang bertugas menangani pasien Covid-19 di Indonesia dan masih sulitnya memenuhi kebutuhan APD akibat kelangkaan di pasaran masih menjadi perhatian utama PT Pelabuhan Indonesia III (Persero). Terkait dengan hal tersebut, perusahaan pengelola pelabuhan tersebut menyalurkan bantuan 1500 baju APD atau hazmat lengkap untuk 3 rumah sakit rujukan di Jawa Timur (Jatim).


“Saat ini kami memfokuskan pada pemberian bantuan APD kepada para tenaga medis karena mememiliki risiko tertular cukup tinggi dan korban dari sisi tenga medis cukup tinggi,” kata VP Corporate Communication Pelindo III, Wilis Aji Wiranata, dalam pernyataan tertulis yang diterima Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (13/8).

Menurutnya penanganan Covid-19 ini tidak akan maksimal jika para petugas medis yang menangani langsung para pasien tidak dilengkapi dengan perlengkapan yang mampu melindungi mereka dari penularan penyakit tersebut.

“Kami menyadari bahwa tugas para tenaga medis cukup berat dalam penanganan pandemi Covid-19 ini. Mereka merupakan lini utama dalam penanganan para pasien Covid-19. Oleh karena itu, kesehatan mereka harus selalu terjaga dan terjamin, sehingga kami putuskan untuk memberikan dukungan atas tugas mereka dengan memberikan APD ini kepada mereka,” tutur Wilis.

Sementara Prof. Dr. Cita Rosita Sigit Prakoeswa Direktur Pendidikan Profesi dan Penelitian RSUD Dr. Soetomo yang menjadi salah satu penerima bantuan tersebut mengatakan dalam masa penanganan pandemi Covid-19 ini pihaknya membutuhkan sedikitnya 5000 APD setiap minggunya untuk operasional penangangan pasien Covid-19 sementara cadangan APD yang tersedia di rumah sakit sangat terbatas.

“Kami akui, saat ini kami sangat kekurangan APD. Cadangan yang kami miliki tidak cukup untuk penanganan jangka panjang Covid-19 di Jawa Timur yang jumlahnya terus bertambah. Setidaknya kami membutuhkan 5.000 APD setiap minggunya, sehingga bantuan APD yang diberikan kepada kami akan sangat berharga, sehingga kami para petugas medis bisa lebih tenang dalam bertugas,” ungkapnya.

Tiga rumah sakit rujukan Covid-19 yang mendapat bantuan APD dari Pelindo III di antaranya RS PHC Surabaya sebanyak 2000 buah, RSUD Dr Soetomo 3000 buah dan RSUD Sidoarjo 2000 buah APD dengan total 7000 APD.

Rumah Sakit tersebut dipilih oleh Pelindo III untuk lokasi penyerahan bantuan karena merupakan rumah sakit rujukan terakhir yang khusus menangani pasien terkonfirmasi positif Covid-19 di wilayah masing masing.