Pandemi Covid-19, Pemkab Probolinggo Bagikan 1 Juta Lebih Masker ke Warga

Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari saat Memasangkan Masker pada Anak Kecil di Pantai Duta/ RMOLJatim
Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari saat Memasangkan Masker pada Anak Kecil di Pantai Duta/ RMOLJatim

Dukung Gerakan Masyarakat Memakai Masker (GM3) berupa Gerakan 26 Juta Masker Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo berhasil mengumpulkan sekitar 147 ribu masker. Dimana ratusan masker tersebut merupakan bantuan dari sejumlah perusahaan yang ada di Kabupaten Probolinggo.


Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari mengatakan mulai bulan Maret 2020, Pemerintah Daerah melalui Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo cukup serius dan akan terus serius menekan COVID-19 sedemikian rupa sehingga masyarakat bisa sehat wal afiat serta tetap beraktifitas seperti semula dengan segala penyesuaian adaptasi kehidupan baru.

“Dari bulan April 2020, Pemerintah Kabupaten Probolinggo telah membagikan 1.110.000 masker kepada masyarakat. Ribuan masker dari APBD dan dukungan perusahaan tersebut sudah dibagikan rata kepada seluruh penduduk Kabupaten Probolinggo,” katanya, seperti dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Jum'at (14/8) siang.

Menurut Tantri, untuk mendukung Gerakan 26 Juta Masker ini sedikitnya sudah terkumpul 147 ribu masker non APBD. Ribuan masker ini merupakan bantuan dari perusahaan swasta yang ada di Kabupaten Probolinggo. Program ini untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat dan sektor swasta untuk berpartisipasi.

“Saya menyampaikan apresiasi atas dukungan dari berbagai pihak untuk pengadaan masker sebagai upaya dalam mencegah penyebaran COVID-19 di Kabupaten Probolinggo. Termasuk juga bantuan 10.000 masker dari Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo,” jelasnya.

Lebih lanjut Tantri menegaskan bahwa ke depan tidak hanya akan membagikan masker saja kepada masyarakat. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo juga akan terus berupaya mendisiplinkan masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan. Salah satunya memasifkan penggunaan masker di masyarakat.

“Memang perlu kita sadari bahwa kedisiplinan masyarakat perlu kita tingkatkan. Untuk meningkatkan disipilin masyarakat, Pemerintah Daerah bersama TNI dan Polri berkomitmen akan memasifkan sosialisasi pemakaian masker di masyarakat, termasuk di tempat-tempat umum,” tegasnya.

Oleh karena itu Bupati meminta semua pihak ikut berperan aktif bagaimana masker yang tadinya hanya dikantongi saja mampu menyadarkan masyarakat bahwa masker bukan lagi sebagai kewajiban tapi kebutuhan menuju sehat lahir dan batin.

“Ini semua harus bersama-sama dilakukan secara telaten dan konsisten. Sehingga nantinya masker betul-betul dimanfaatkan dan dipakai secara benar sebagai upaya bersama pencegahan penyebaran COVID-19 di Kabupaten Probolinggo,” pungkasnya.