Deklarasi Pasangan LaDub, PKB Optimis Kalahkan Pertahana di Pilkada 2020

Ketua DPC PKB Kabupaten Malang, Ali Ahmad/RMOLJatim
Ketua DPC PKB Kabupaten Malang, Ali Ahmad/RMOLJatim

Ketua DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Malang, Ali Ahmad optimis pasangan calon yang diusung partainya mampu mengalahkan pasangan pertahana HM Sanusi-Didik Gatot Subroto (SanDi) di Pilkada yang akan digelar bulan Desember 2020 ini.


Hal ini disampaikan Ali Ahmad pasca mendeklarasikan pasangan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Malang Lathifah Shohib dan Didik Budi Muljono (LaDub), Sabtu (15/8).

“Sosok Bu Lathifah sangat kuat di Kabupaten Malang. Dan kami yakin, akan mampu mengalahkan bakal calon pertahana (SanDi). Alasannya, kemarin perolehan suaranya melaju pada Pileg di DPR RI merata di Kabupaten Malang. Apalagi Bu Lathifah sosok perempuan yang banyak melakukan perubahan di bidang pendidikan,” ujar Ali Ahmad.

Setelah rekom ini diserahkan, lanjut Ali Ahmad, bahwa 30 PAC PKB se-Kabupaten Malang siap bergerak dan memenangkan Latifah Shohib.

Terakhir, soal munculnya nama dokter Umar Usman yang santer menjadi pilihan PKB di Pilbup Malang, Gus Ali menerangkan jika hal itu tidak masalah.

“Sebelum keluar surat mandat itu, kami melihat sampai tanggal 10 Agustus 2020 kemarin. Namun elektabilitasnya kurang signifikan, dan tidak masalah," bebernya.

Selain itu, Ali juga mengatakan, bahwa dilabuhkannya bakal calon wakil Bupati Kabupaten Malang terhadap Didik Budi Muljono, mantan Sekda Kabupaten Malang karena dianggap sosok orang yang sangat paham tentang Pemerintahan Kabupaten Malang.

“Pertimbangan kami, Pak Didik merupakan mantan Sekda Kabupaten Malang. Dan, Pernah menjadi Kepala Dinas. Dengan demikian, beliau sangat paham tentang pemerintahan di Kabupaten Malang,” jelas Gus Ali.

Sebagai informasi, Nyai Lathifah Sohib adalah kerabat dari Presiden RI Ke-4 KH.Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Dalam Pemilu 2014, Latifah terpilih sebagai Komisi X DPR RI dari Dapil Jatim V yang meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu dari PKB.

Lathifah Shohib kembali terpilih sebagai Anggota DPR RI tahun 2019 lalu. Perolehan suara Nyai Latifah saat itu, menduduki peringkat kedua terbanyak dengan 109.992 suara dibawah Diva sekaligus Artis, Krisdayanti (PDI-P).

Dari perolehan suara yang signifikan tersebut, Lathifah Shohib dianggap mampu mengangkat marwah PKB hingga banyak memperoleh kursi di parlemen baik tingkat daerah, provinsi hingga pusat.

Tak hanya itu, dari perolehan suara yang cukup banyak tersebut, Lathifa Shohib menjadi amunisi ampuh PKB untuk menghentikan laju petahana yang didukung 5 parpol besar yakni PDIP, PPP, NasDem, Gerindra dan Partai Demokrat.

Lathifah Shohib, merupakan anggota Dewan Syuro saat ini. Dan sebelum memulai karir di dunia politik, ibu tiga putera ini pernah bekerja sebagai guru dan dosen.

Sejak periode 2014 hingga saat ini, Lathifah Shohib, wanita yang akrab dipanggil Bu.Nyai tersebut berstatus Anggota Komisi X DPR RI yang menaungi bidang Pendidikan, Kebudayaan, Pariwisata, Ekonomi Kreatif, Pemuda, Olahraga dan Perpustakaan.