Tim Sabang Yang Sukses Kibarkan Merah Putih di Istana

Paskibraka pembawa baki/Net
Paskibraka pembawa baki/Net

Tiga anggota Paskibraka Nasional 2020 sukses mengibaaarkan Sang Saka Merah Putih dalam Upacara Detik-Detik Proklamasi Hari Ulang Tahun Ke-75 RI di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (17/8).


Upacara bendera ini dilakukan oleh Tim Sabang. Dalam tim ini ada tiga anggota Paskibraka, di antaranya adalah Indriana Puspita Rahmadhani dari Provinsi Aceh yang bertugas membawa baki atau Bendera Merah Putih.

Dua Paskibraka lainnya adalah‎ Muhammad Adzan dari Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang bertugas sebagai komandan kelompok sekaligus pembentang bendera, dan I Gusti Agung Bagus Kade Sanggra Wira Adhinata dari Provinsi Bali yang bertugas sebagai pengerek Bendera Merah Putih.

Sementara, Kolonel Inf. Muhammad Imam Gogor ditugaskan menjadi Komandan Upacara Peringatan Pengibaran Bendera Pusaka Merah Putih di Istana Merdeka. Adapun yang bertindak sebagai Perwira Upacara ialah Brigadir Jenderal TNI Syafruddin, S.E., M.M., M.Tr (Han).

Melansir Kantor Berita Politik RMOL, peringatan upacara HUT Kemerdekaan ini dilakukan di halaman Istana Merdeka, Jakarta. Peringatan penting ini untuk pertama kalinya diadakan dalam suasana duka di tengah pandemi Covid-19 di tanah air.

Alhasil, sejumlah pejabat dan seluruh kepala daerah mengikuti upacara melalui virtual.

Dalam acara ini, Presiden Jokowi dalam peringatan HUT RI ke-75 ini mengenakan pakaian adat dari Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT‎). Sementara Wakil Presiden Maruf Amin menggunakan pakaian adat Melayu Indonesia.

Selain itu, para pejabat yang hadir juga menggenakan pakaian adat dari masing-masing daerah di seluruh Indonesia.