SPMB Mandiri, Unesa Buka 4 Jalur Prestasi

Salah satu kampus tersebut adalah Universitas Negeri Surabaya yang tahun ini membuka 4 jalur prestasi bagi calon mahasiswa baru. Keempat jalur prestasi tersebut terdiri atas jalur prestasi keagamaan, olahraga, seni dan kepempimpinan.


Pada jalur prestasi keagamaan, diperuntukkan bagi siswa yang memiliki surat keterangan prestasi keilmuan pesantren, memiliki hafalan Quran minimal 10 juz serta jawara MTQ, sedangkan pada jalur prestasi olahraga membuka peluang bagi calon atlet berprestasi yang telah memiliki surat rekomendasi dari KONI. 

Selanjutnya, melalui jalur prestasi seni, diperuntukkan bagi siswa yang memiliki sertifikat kejuaraan pada tingkat nasional maupun internasional. Terakhir, pada jalur prestasi kepempimpinan, siswa yang memiliki pengalaman sebagai ketua, wakil ataupun sekretaris OSIS dapat menyertakan sertifikat maupun surat keterangan dari instansi terkait untuk mengikuti SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru) Unesa.

Hal ini diungkapkan pada sosialisasi digital mengenai Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Unesa pada program Campus Talk yang diselenggarakan oleh Humas Unesa. Program ini ditayangkan pada media Official Unesa. 

“Berbagai jalur prestasi ini kami siapkan untuk mewadahi potensi calon mahasiswa baru yang beragam” ungkap Dr. Ari Wahyudi, M.Si.

Hal ini dilaarbelakangi karena selain bergerak sebagai Kampus Pencetak Calon Guru Bangsa, Unesa juga berkomitmen menjadi Rumah Para Jawara dan memberikan kontribusi capaian prestasi regional, nasional maupun internasional setiap tahunnya. 

Seperti pada tahun 2017, total prestasi yang didapatkan mencapai 316, di tahun 2018 meningkat dua kali lipat menjadi 751 dan pada tahun 2019 berhasil menorehkan total 1044 prestasi. Berbagai kejuaraan yang diraih oleh Mahasiswa Unesa diantaranya adalah Juara Kompetisi Tari Internasional, 3 Gold Medal Sea Games Modern Pentathlon, Best Design pada Kompetisi Robot Terbang Indonesia dan masih banyak capaian prestasi lainnya.

Tak hanya menyediakan ruang bagi siswa berprestasi, Unesa juga membuka kesempatan yang sama bagi siswa disabilitas untuk bergabung menjadi Mahasiswa Unesa. Segala fasilitas kampus yang ramah disabilitas telah disiapkan, seperti jalur khusus untuk kursi roda, fasilitas kursi roda elektronik dan juga menyediakan Pusat Studi Layanan Disabilitas.

Program SPMB ini menerima Mahasiswa Baru Program Sarjana (S1) dan Sarjana Terapan (D4) pada berbagai rumpun ilmu, seperti sosial, hukum, ekonomi, sains dan teknologi, pendidikan, Bahasa dan seni juga olahraga.

Selain itu, program terbaru yakni Sarjana Terapan (D4) akan berfokus untuk menyiapkan mahasiswa agar handal dalam mempraktikkan bidang ilmu sehingga siap untuk terjun di dunia kerja maupun membuka lapangan pekerjaan baru. 

“Banyak pilihan prodi yang bisa dipilih seperti tata boga, pendidikan luar biasa, olahraga dan masih banyak lainnya. Kami menunggu para siswa berprestasi untuk bergabung bersama Kami di Unesa, Rumah Para Jawara” tutup Vinda Maya Setianingrum, Ketua Satuan Kehumasan Unesa.