Saran Rizal Ramli Untuk Rakyat Bawah: Jangan  Jor-joran, Kita Nggak Tahu Corona Selesai Kapan  

Ekonom senior Rizal Ramli/net
Ekonom senior Rizal Ramli/net

Rakyat golongan menengah bawah harus berhati-hati dalam membelanjakan uang selama pandemik Covid-19. Sebab, ujung dari pandemik masih belum bisa diprediksi secara akurat. 


Begitu pesan ekonom senior DR. Rizal Ramli kepada masyarakat menengah ke bawah saat menjadi narasumber di salah satu televisi swasta nasional beberapa waktu lalu. “Kita kan enggak tahu corona ini selesainya kapan. 6 bulan lagi atau setahun lagi. 

Jadi kalau golongan menengah bawah jor-joran justru nanti buat makan aja susah. Jadi justru harus ekstra hati-hati,” tuturnya. Sementara kelompok menengah atas yang memiliki banyak simpanan uang tidak akan terlalu masalah menghadapi pandemik. Jika mereka mengeluarkan uang, maka itu membantu ekonomi berputar. 
“Tapi kalau golongan menengah bawah hati-hati,” tekannya lagi. Dia juga menyarankan agar golongan menengah bawah berhenti berutang. Dalam suasana krisis seperti ini, kata Menko Perekonomian era Presiden Gus Dur itu, pembayaran harus dilakukan dengan uang tunai.
 “Karena apa? Karena kerena kemampuan pemerintah untuk menoling golongan menengah ke bawah ini, saya bicara 40 persen rakyat kita yang paling bawah, itu payah,” tegasnya.