Pendaftar SPMB Unesa Tahun 2020 Meningkat

foto/rmoljatim
foto/rmoljatim

Jumlah Pendaftar Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) jalur mandiri Unesa untuk jenjang Sarjana S1 dan Sarjana Terapan (D4) mengalami peningkatan. Sampai saat ini, jumlah peserta yang sudah mendaftar sebanyak 8 ribu. Ini berbeda dari tahun sebelumnya di angka 6 ribu pendaftar.


Ketua SPMB Universitas Negeri Surabaya, Dr. Ari Wahyudi, M.Si mengatakan, meningkatnya jumlah pendaftar dikarenakan Unesa membuka berbagai jalur prestasi yang beragam, seperti Jalur Prestasi Keagamaan Islam yang terbagi atas Pesantren, MTQ, Tahfidz.

Terdapat juga Jalur Prestasi Keagamaan Protestan, Katolik, Hindu, Budha dan Kong Hu Cu.

“Selain keagamaan, Unesa juga membuka Jalur Prestasi Seni, Olahraga dan yang terbaru adalah Kepempimpimpinan. Siswa berpengalaman sebagai ketua, wakil ketua dan sekretaris OSIS dapat mengikuti seleksi jalur prestasi sebagai wujud komitmen Unesa untuk menjaring talenta dari berbagai lini bidang,” urai Ari Wahyudi.

Hingga hari ini, Ari – sapaan akrabnya menuturkan, proses seleksi mahasiswa SPMB jalur TMUBK (tes Online) memasuki tahap pengumuman hasil. Namun, untuk Calon Mahasiswa Baru (camaba) yang memilih sarjana terapan (D4), pendaftaran dibuka hingga 9 September 2020.

“Sarjana terapan akan menjadi idola di masa depan, Mereka memiliki kompetensi dan keterampilan di bidang program studi yang dipilihnya, sehingga mereka akan siap berkontribusi di dunia kerja” jelas Ari.

Unesa telah membuka 10 jurusan Sarjana Terapan. Kesepuluh program studi tersebut meliputi Manajemen Informatika, Tata Busana, Teknik Listrik, Teknik Mesin, Teknik Sipil, Transportasi, Tata Boga, Desain Grafis, Administrasi Negara, dan Kepelatihan Olahraga.