Dinyatakan Negatif Covid-19, Paslon Niat Siap Jalani Tahapan Tes Kesehatan Lanjutan

Paslon Niat/RMOLJatim
Paslon Niat/RMOLJatim

Dua bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati yang akan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Gresik 2020, telah menjalani tes kesehatan. Keduanya dinyatakan negatif dari Covid-19 setelah menjalani swab test RT PCR di hari pertama tahapan tes kesehatan di RSUD dr. Soetomo Surabaya, Senin (7/9) kemarin.


Kepastian hasil negatif tersebut dikonfirmasi langsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gresik, setelah menerima hasil tes swab yang dilakukan kedua paslon, baik Bapaslon Fandi Ahmad Yani - Aminatun Habibah maupun Mohammad Qosim - Asluchul Alif.

"Hasil swab tes, dua Bapaslon yang akan maju di Pilkada Gresik 2020 dinyatakan negatif," kata Ketua KPU Gresik Ahmad Roni, kepada Kantor Berita RMOLJatim, Selasa (8/9).

Kendati demikian lanjut Roni, kedua Bapaslon akan menjalani tes kesehatan tahapan berikutnya. Yakni, tes kesehatan jantung, paru-paru dan lainnya. "Sesuai jadwal tes kesehatan bapaslon terakhir besok,” ucapnya.

"Setelah tes kesehatan ini, kami baru akan melakukan verifikasi terhadap berkas pendaftaran masing-masing bapaslon sebelum nantinya ditetapkan sebagai calon pada tanggal 23 September 2020 mendatang. Secara umum, untuk syarat administrasi kedua bapaslon sudah lengkap,” sambuungnya.

Sementara itu, bapaslon Fandi Ahmad Yani-Aminatun Habibah yang populer dengan sebutan Niat menyatakan, tahapan tes kesehatan berjalan lancar dan tak ada kendala sedikitpun dalam prosesnya.

“Alhamdulillah, prosesnya berjalan lancar, dan hasilnya negatif Covid, doakan untuk tahap-tahap selanjutnya bisa terus lancar dan tidak ada kendala,” ungkap, Gus Yani sapaan akrab Fandi Ahmad Yani.

Sesuai tahapannya, tes kesehatan memang dijadwalkan pada 7-9 September 2020. Setelah swab test, akan ada tes psikologi, dan tes kesehatan yang lainnya.

Atas hasil itu, Gus Yani memastikan bahwa pasangan Niat siap menjalani tahapan selanjutnya yang telah dijadwalkan oleh KPU Gresik.

"Niat siap menjalani tahapan selanjutnya, kami minta doa seluruh masyarakat Gresik agar semuanya berjalan dengan lancar tanpa ada halangan apapun," pungkasnya.