Ini Sangsi Jika Berani Langgar Protokol Kesehatan di Bangkalan

apel pemberangkatan para penegak disiplin Protokol kesehatan
apel pemberangkatan para penegak disiplin Protokol kesehatan

Masyarakat, pelaku usaha, hingga pengelola dan penyelenggara acara di fasilitas umum yang tak menerapkan protokol kesehatan secara ketat di Kabupaten Bangkalan kini terancam sanksi membersihkan Taman Paseban dan Sungai Bancaran.


Hal itu diungkapkan Bupati Bangkalan saat  memimpin Apel Gelar Pasukan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan di Halaman Pendopo Agung Bangkalan, Kamis (10/9/2020).

Pemkab juga akan memakaikan rompi merah pada setiap pelanggar. Sanksi tersebut merupakan tindak lanjut Peraturan Bupati nomor 63 Tahun 2020 tentang Perubahan atas Peraturan Bupati Bangkalan nomor 46 tentang Percepatan Penanganan Covid-19 dan Intruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020.

Perbup Bangkalan dikeluarkan Bupati sebagai salah satu bentuk atensi Pemkab Bangkalan terhadap tingginya peningkatan kasus penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bangkalan dan juga di Indonesia.

Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron mengatakan, setelah hampir 8 bulan masyarakat menghadapi situasi pandemi yang tidak menentu, Pemerintah secara terus menerus melakukan penyesuaian aturan dan protokol kesehatan.

Bupati Bangkalan mengajak seluruh masyarakat agar tetap mengedepankan pola hidup sehat dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.

“karena kasus penyebaran Covid-19 terus bertambah. Saya mengajak seluruh masyarakat untuk tetap menerapkan Protokol Kesehatan dalam tatanan kehidupan era baru ini,” terangnya dikutip Kantor Berita RMOLJatim, Kamis (10/9/2020)

Ditambahkan, Pemerintah telah berupaya melakukan usaha-usaha untuk menekan munculnya kasus baru. Untuk itu, Bupati juga mengajak seluruh stakeholder dapat berpartisipasi aktif menggelorakan penerapan protokol kesehatan sebagai upaya untuk melindungi diri sendiri dan orang lain agar terhindar dari infeksi Virus Covid-19 sehingga situasi kembali normal.

“Kita terus gelorakan penerapan protokol kesehatan sebagai upaya untuk melindungi diri sendiri dan orang lain. Semoga kita semua bisa terhindar dari infeksi Virus Covid sehingga situasi kembali normal seperti sedia kala untuk menuju Bangkalan yang aman dan sejahtera,” tandasnya.

Selain itu, Bupati mengharapkan, masyarakat agar tetap menggunakan alat pelindung diri. Seperti menggunakan masker saat keluar rumah, rajin cuci tangan gunakan sabun, batasi kontak fisik, dan meningkatkan daya tahan tubuh dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.

“Mohon dukungan dan kerjasama semua pihak untuk mencegah dan memutus rantai penularan Covid-19 di Bangkalan, dengan disiplin menerapkan protocol kesehatan,” harap Bupati.